Inilah dia 4 keistimewaan Kota Madinah yang harus kamu tahu!

Yuk Share di Facebook


Kota Madinah adalah kota yang identik dan sering kita dengar bersandingan dengan kota Mekkah sebagai kota yang ‘spesial’ bagi ummat islam. Kota Madinah Al-Munawwaroh yang memiliki arti Bahasa Indonesia dalam literatur Bahasa Arabnya ‘kota yang diterangi’ ini dalam sebuah hadits pernah dijelaskan bahwa siapa yang shalat di masjid ini lebih baik daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom, Mekkah.


So, apa kamu sudah tahu apa saja keistimewaan dari masjid yang dibangun oleh kekasih Allah, Nabi Muhammad SAW ini?
  1. Dajjal Tidak Akan Masuk Ke Madinah

Hadits riwayat Abu Hurairah RA, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda “Di setiap jalan-jalan di Madinah itu terdapat malaikat (yang menjaga) agar tidak dimasuki wabah pernyakit dan dajjal. Al Masih (Dajjal) datang dari arah timur, tujuannya Madinah sampai ia berhenti dibelakang bukit Uhud. Kemudian malaikat memutar mukanya (tujuannya) kea rah Syam dan disitu ia binasa (mati)”

Dari hadits diatas bisa kita pahami bahwa Kota Madinah adalah salah satu kota yang tidak bisa dimasuki Dajjal, mahluk yang menciptakan kerusakan di akhir zaman nanti.

Nggak sedikit nih, yang ketika sudah mengetahui hadits ini mencari cara agar bisa cepat datang ke Madinah atau Mekkah kalau nanti datang akhir zaman dan Dajjal muncul di muka bumi.

Jangan fikirkan bagaimana lari kesana ya. Yang harus kamu fikirkan adalah bagaimana memperbaiki perbuatan dan perilakumu di mata-Nya.
  1. Kota Madinah jauh dari penyakit Tha’un

Konon, penyakit tha’un adalah penyakit kulit yang luar biasa parah sehingga mampu memusnahkan penduduk seluruh negri, namun Rasulullah menjamin bahwa Kota Madinah tersebut terbebas dari penyakit, dan benar, masyarakat Madinah tidak terserang tha’un.

Ibadah rukun islam ke-5 yaitu haji pun beberapa waktu lalu pernah dihantui kekhawatiran tentang virus Mers CoV yang tentunya meresahkan para jama’ah.  Dan ternyata penyakit ini tidak menyentuh Mekkah dan Madinah, dan hanya berhenti di Riyad.




  1. Jaminan Syafaat Bagi Mereka yang Menanggung Kesusahan di Dalamnya dan Meninggal di Dalamnya

Sangat besar sekali keistimawaan-keistimewaan yang ada di kota yang sangat indah ini, begitu juga dengan keutamaan yang dimilikinya. Maka benar-benar suatu kehormatan lah bagi mereka yang bersusah payah hidup dan berjuang di kota ini, dan kemudian yang meninggal dan berziarah di dalam Kota Madinah.

Seperti beberapa hadits Rasulullah di bawah :
“Barang siapa yang menutup usia di Madinah, maka hendaklah ia meninggal dunia disana, karena aku memberi syafaat bagi orang yang meninggal disana” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

“Maka tidaklah ada orang yang tetap tinggal (di Kota Madinah), bersabar dengan segala cobaan dan kesukarannya lalu meninggal disana, melainkan aku akan memberi syafa’at dan menjadi saksinya di hari kiamat, jika ia seorang muslim”. (HR.Muslim)
  1. Memiliki Beberapa Nama yang Mulia

Dari beberapa keutamaan yang dimilikinya, Madinah juga memiliki beberapa nama yang meninggikan kedudukannya. Diantaranya adalah :
  1. Yatsrib : Ini adalah nama Madinah ketika zaman Jahiliyah, namun nama ini berikutnya diganti kerena mempunyai makna yang buruk, dan pada masa kepemimpinan Rasul, beliau mengganti nama tersebut.
  2. Al-Madinah : Nama ini diapakai setelah masa hjrahnya Rasulullah SAW dan telah banyak penyebutannya dalam Al-Quran dan As-Sunnah shahihah.
  3. Thobah & Thoibah : Nama yang diberikan oleh Rasulullah SAW.
  4. Ad-daar wa-l-iimaan : Penyebutan kedua nama ini hadir dalam AL-Qur’an pada firman Allah ‘azza wa jalla.
Semakin kita tahu dengan keajaiban-keajaiban Allah, semoga semakin memperkuat keimanan kita.

Terimakasih dan Semoga Bermanfaat…

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post