5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat dari Terjebak Macet

Yuk Share di Facebook


Macet pasti bukan lagi hal yang asing buat kamu yang tinggal di kota pastinya. Mereka yang tinggal di Jakarta, Depok, Bogor dan kota-kota besar lainnya pasti udah bersahabat banget nih sama yang namanya macet.

Banyak sekali karyawan yang bekerja di Jakarta dan punya rumah di luar jakarta harus banget pergi gelap pulang gelap (padahal jam kerjanya hanya 8 jam) karena harus mengindari kemacetan ibu kota yang seolah menjadi penyakit yang tidak kunjung sembuh.


Apakah kamu diantara orang-orang itu?

Nah, jika kamu adalah orang yang banyak menghabiskan waktu bersama para pejuang kemacetan, tahukah kamu kalau macet juga punya banyak manfaat loh! Apa sajakah itu?

Check it out!

1. Lebih Mengenal Partner Macet

Buat kamu yang sering bepergian bersama partner, baik itu satu dua orang atau lebih, kamu jadi bisa semakin mengenal mereka lebih dalam.

Jangan sampai ketika macet, kamu dan temanmu hanya fokus pada gadget masing-masing sambil menunggu macet reda dan sampai di tujuan masing-masing.

Gunakanlah kesempatan macet itu untuk mengenal mereka lebih dalam. Bisajadi kamu bisa menemukan kesamaan hobi, sifat, atau apapun yang belum kamu ketahui lebih dekat sebelumnya.

 

2. Memperbanyak Sahabat dan Relasi

Sudah banyak kita tahu tentunya. Era modern penuh teknologi ini banyak membawa manusia menjadi mahluk yang anti sosial.

Banyak diantara kita yang justru lebih senang bermain dengan gadget dibanding harus menyapa orang di sekitar kita dengan alasan “aku kan ga kenal sama dia”. Padahal, seringkali juga, meskipun sedang bersama sahabat tetap bermain dengan gadget.

Jadi, manfaatkanlah kesempatan terjebak kemacetan ini untuk menyapa orang-orang asing disekitarmu. Sapa mereka dengan hangat. Tidak ada yang tahu toh jika ternyata orang yang baru kamu kenal di kemacetan itu bisa jadi sahabat terdekatmu, menambah relasi kerja dan bisnis, atau bahkan menjadi jodohmu di masa depan. Bisa saja bukan?

So, mulailah menyapa orang-orang disekitarmu ketika terjebak macet yang parah.



:)

 

3. Menjadi Pengamat Sosial 

Kalau dalam kemacetan kamu hanya mengeluh terhadapnya sembari menyalah-nyalahkan pejabat dengan penuh umpatan kasar dari mulut, maka itu hanya akan mengurangi energi dan menambah dosa. Tidak ada benefitnya sama sekali.

Terjebak dalam kemacetan bisa membuat kamu justru semakin jeli memperhatikan fenomena-fenomena sosial yang ada di sekitarmu. Tentang bagaimana kegiatan para pedagang yang ada di pinggir jalan, anak-anak yang bermain berlarian, hingga bagaimana interaksi orang-orang yang terjebak macet bersama kamu.

Bisajadi juga kamu jadi tahu akan beberapa hal yang sebelumnya tidak kamu ketahui secara rinci. Seperti apa yang dilakukan pedagang pinggir jalan ketika tidak ada pelanggan, apa yang dikerjakan pengamen ketika tidak sedang menyambangi kendaraan atau rumah-rumah target, hingga bagaimana orang-orang disekitar jalanan itu kabur dari kejaran Satpol PP.

Mungkin tiba-tiba kamu jadi terinspirasi, tertarik pada kegiatan sosial, sampai pada akhirnya bisa merubah dunia ini menjadi lebih sejahtera. Bukan hal yang mustahil bukan?

4. Menyelesaikan Apapun yang Perlu dan Bisa diselesaikan

Sebagai seorang manusia aktif (bukan pengangguran) tantunya kamu punya beberapa hal yang belum sempat kamu selesaikan dan menjadi hutang untuk kamu kerjakan di rumah atau kantor nanti. Atau jika kamu adalah mahasiswa, bisa berupa tugas dosen yang harus kamu kerjakan sebelum waktu yang ditentukan.

Menyicil tugas deadline dalam kemacetan bisa menjadikan waktumu tidak terbuang sia-sia di jalan raya. Tapi jangan sampai nih kamu terlalu fokus mengerjakan sesuatu sampai lupa kalau kendaraan depanmu sudah mulai jalan dan dihujat oleh orang-orang yang antri di belakang kamu.

Tetap perhatikan pergerakan macetnya juga ya…

5. Memperbagus Gallery Instagram

Ketika sudah bingung dan bete banget menghadapi kemacetan. Bisa juga kamu manfaatkan smartphone atau kamera kamu untuk mencari view dari tempat kamu terjebak macet.

Temukan amazing view yang tidak terduga dan terkesan candid di dalam kemacetanmu itu. mulai dari perspektif jalan, paduan warna kendaraan yang terjebak macet, fenomena sosial, hingga billboard atau bangunan unik yang ada dan tidak bisa kamu temukan selain ditempat kamu terjebak macet itu.
Buat yang hobi fotografi, bisa nih jadi macetgrapher.
:)
—–

Tentu saja jika ingin mengurangi kemacetan yang ada, kamu bisa menggunakan layanan transortasi umum yang telah difasilitasi oleh pemerintah setempat secara maksimal.

Daripada kamu naik mobil sendirian, boros bensin dan makan tempat di jalanan juga bukan?

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post