11 Tips Serba Dapur Ini Pasti Bermanfaat Buat Kamu

Yuk Share di Facebook
 

Dapur bukan cuma soal kerjaan wanita saja. Memang sih ada yang menganggap kalau dapur itu identik sama wanita, tapi coba kamu lihat deh, pedagang nasi goreng, bakso, mie ayam, rata-rata pria bukan?




Berarti dapur bukan cuma soal urusan wanita dong, pria juga harus menguasainya. Nggak jarang nih, ketika si istri sakit dan si suami terpaksa mengurus urusan dapur semuanya jadi kacau balau, ini yang perlu dibetulkan. Pria dan wanita semuanya harus jago soal urusan dapur.

Disini ada beberapa tips sederhana serba dapur yang sangat bermanfaat dan membantumu beraktifitas di dapur, Cekidot!

1. Memasak Nasi yang Pulen dan Mantap 

 
  
Jika ingin memasak beras dan mengolahnya menjadi nasi yang pulen, lembut, dan mantap. Maka kamu bisa menambahkan 2 sdm beras ketan di tiap 1 kg beras tersebut. Campur dan cuci beras dan beras ketan tersebut kemudian masak seperti biasa. 

2. Memperbaiki Sup yang Terlalu Asin



Kalau kamu pernah memasak sup kemudian sup itu kelebihan garam. Kamu bisa 'mengakali'nya dengan menambahkan potongan kentang ke dalam sup tersebut lalu masak beberapa saat. Potongan kentang mampu menyerap garam berlebih pada masakan. 


3. Pintar Memilih Melon yang Matang 


Diantara ciri-ciri melon yang matang adalah ; melon terasa lebih berat, jika kamu cium dari ujung pangkalnya akan terasa harum, dan jika kamu ketuk-ketuk akan terasa kopong atau ada rongga udara di dalamnya.

4. Memasak Mie Instan Sehat 
 

Buang air rebusan mie pertama, tambahkan sayuran segar, telur, dan lainnya sesuai selera. Masak kembali air rebusan baru untuk kuah. Sajikan dengan tambahan topping sesuai selera.

5. Agar Cabai Lebih Tahan Lama


Supaya cabai lebih tahan lama, potong tangkai cabai, cuci sampai bersih kemudian pisahkan antara cabai yang bagus dan yang kurang bagus. Kemudian simpain cabai dalam keadaan kering (Jangan sampai tersimpan dalam keadaan basah setelah dicuci).


6. Kupas Tomat dengan Mudah

 

Mudah saja, rendam tomat di dalam air hangat selama 15 menit, setelah itu tomat akan lebih mudah dikupas dan lebih cantik hasilnya.

7. Menumpas Bau Lumpur Pada Ikan 
 

Rendam ikan di dalam air lemon dan garam selama 15 menit. Bau lumpur & amis akan hilang seketika.

 
 








8. Merebus Kentang Agar Cepat Matang


 


Beri lubang di bagian tengah kentang dengan tusukan kawat atau tusuk sate maka kentang akan 2x lipat lebih cepat matang. 


9. Menyimpan Tahu Agar Tahan Lama dan Awet
 

Supaya tahu tahan lama, cuci bersih tahu dengan air jernih, kemudian siram dengan air panas, lalu lap dengan tisu dapur. Setelahnya, simpan tahu di dalam kotak kedap udara seperti tupperware, tutup rapat, kemudian letakkan dalam kulkas. InsyaAllah tahan 1 minggu.

10. Memilih Jeruk yang Bagus



Ketika memilah dan memilih jeruk yang ingin kamu beli di manapun. Carilah jeruk yang memiliki kulit tipis dan empuk saat ditekan. Karena jeruk yang memilili ciri-ciri tersebut lebih mengandung banyak air dan juga memiliki rasa yang manis. 

11.  Durian Bebas Bau Saat Disimpan
 

Untuk menjaga bau menyengat dari buah durian menyerbak di ruangan. Kamu bisa membungkus daging buah durian beserta bijinya dengan kertas alumunium dengan rapih, kemudian masukkan dalam wadah, tutup rapat kemudian simpan dalam freezer. Dan ketika kamu mau menyantapnya, keluarkan dari freezer dan diamkan dalam suhu ruangan sampai durian lumer.

---

Yuk, Like & Share!

Semoga Bermanfaat... :)
 

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post