Pesan-pesan Bisnis dan Kehidupan Om Bob Sadino

Yuk Share di Facebook

Om Bob Sadino adalah seorang legend yang tentu sangat melekat di benak kita sebagai seorang icon pebisnis sukses nan nyentrik. Tak jarang melontarkan statement yang kontroversial namun menggugah selektivitas masyarakat terhadap sosok pebisnis yang menginspirasi.


Pria bernama asli Bambang Mustari Sadino ini memang telah wafat pada Hari Senin, 19 Januari 2015 lalu. Namun segala ajaran dan inspirasinya akan terus melekat dan tersebar turun temurun kepada anak cucu tanah air.

Tentu dari beberapa pernyataan beliau, ada beberapa yang sudah sangat kamu ingat dan berbekas di otak masing-masing. Nah, ini dia beberapa hal-hal mengani Om Bob dan pernyataan Om Bob Sadino yang terkenal. Ingat! jangan asal ambil ucapannya yaa, pikirkan dan ambil intisarinya agar tidak ada sesat fikir.


Mau kaya? Jual Sayuran saja…

Om Bob memang sering sekali berkata seperti ini. Ini bukan lelucon belaka loh! Mungkin sebagian besar kamu menertawakannya karena hal yang bersifat sayuran selalu terkesan memiliki omzet yang rendah. Namun hal ini bukan tanpa alasan, Bob Sadino sendiri memulai usahanya sebagai pebisnis sayuran, jadi bukan hal yang aneh jika dia berkata begitu.


Selalu tampil nyentrik…

Seringkali terlihat Om Bob ini selalu terlihat nyentrik. Sangat sederhana dengan menggunakan kaos atau kemeja biasa dengan celana pendek diatas lutut andalannya meskipun datang ke acara TV live atau acar penting lainnya. Jika kita perhatikan lebih jauh, memang para orang besar di dunia ini kebanyakan memiliki ciri khas khusus yang bisa dibilang unik dan berbeda dengan yang lain. Sebut saja Mark Zuckerberg sang pionir Facebook., dia selalu menggunakan kaus polos berwarna hijau gelap dan jarang sekali terlihat menggunakan atasan model lain, begitu juga dengan Steve Jobs yang sering menggunakan sweater hitam panjang menutupi sebagian lehernya. Well, kalau kamu jadi orang besar, baju apa yang akan jadi ciri khasmu?


“Kuliah hanya memasukkan sampah ke kepala anda”…

Pernyataan Om Bob ini cukup legendaris dan ada benarnya juga. Bob Sadino memang seringkali megujar bahwa kuliah itu goblok!. Mengapa begitu? tidak lain dan tidak bukan adalah karena menurutnya, orang yang kuliah itu kebanyakan di masa depannya menjadi seseorang yang berprofesi sangat jauh dari apa yang dia pelajari selama bangku kuliah. Bisnis di bidang hiburan padahal sarjana psikologi, bisnis di bidang desain padahal anak MIPA, bisnis makanan padahal kuliah teknik, dan contoh-contoh lainnya yang tidak lain digambarkan bahwa yang di pelajari selama kuliah sama sekali tidak berguna alias sampah yang tidak sama sekali digunakan di masa depannya itu.


“IPK diatas 3 koma alamat calon karyawan”…

Bob Sadino sendiri adalah seseorang yang sangat membenci profesi karyawan. Menurutnya, karyawan adalah pekerjaan yang sangat buruk dan bisnis adalah pilihan pekerjaan terbaik. Begitu juga dengan statement ini. Beliau berujar bahwa setiap mahasiswa dengan IPK 3 koma keatas pasti jadi karyawan. Ini ada benarnya juga, mengingat para lulusan dengan IPK 3 koma keatas apalagi yang berasal dari Universitas favorit tentu dengan idealismenya ingin mengaplikasikan ilmunya yang tidak lain adalah melamar kerja sebagai karyawan dari suatu perusahaan. Lain halnya dengan mereka yang mendapatkan IPK jauh dibawah seperti 2 koma atau bahkan 1 koma yang menjadikannya sulit mendapatkan perusahaan yang mau menerimanya dan akhirnya memilih jalan satu-satunya yaitu berbisnis.


Tidak ada alasan tidak punya modal, dengkulmu itu adalah modal. Dan usaha yang terbaik adalah usaha yang dimulai, bukan usaha yang cuma dipikirkan saja tanpa dijalankan…

“mau gak kira-kira kalo dengkulnya dibeli 500juta..? tidak mau kan, berarti Anda punya modal 1 milyar dengan 2 dengkul Anda, :-)

Kurang lebih begitulah Om Bb berujar. Berusaha menyampaikan bahwa tidak ada alasan tidak ada modal bagi mereka untuk memulai suatu bisnis. Ada juga pernyataan lain yang sangat memorable dari Om Bob, yaitu ketika seseoarang bertanya kepada beliau dalam suatu sesi tanya jawab ““Bisnis apakah yang Prospektif Om Bob ..? dia menjawab “Bisnis yang prospektif adalah bisnis yang ‘dibuka’ bukan ditanyakan terus.. :-D”. Singkat namun mengena. Hal ini tentu benar, banyak sekali orang-orang yang selalu ingin memulai bisnis namun terhambat karena terlalu banyak pertimbangan dan takut akan resiko. Om Bob sendiri pun bisa sukses seperti itu karena beliau belajar dari ribuan kisah jatuh nya di dunia bisnis sendiri.
Sedikit kutipan tambahan dari Pak Mario Teguh sang motivator, “Om Bob adalah contoh orang luar biasa yang bependindikan rendah, apalagi yang berpendidikan tinggi dong”

Semoga bermanfaat :)

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post