Para Hartawan Dibalik Bisnis Transportasi Masa Kini

Yuk Share di Facebook

Belakangan, terjadi kericuhan antara pengemudi transportasi konvensional dengan pengemudi transportasi modern atau online. Kericuhan yang terjadi lantaran terkikisnya pendapatan para driver transportasi konvensional oleh adanya transportasi online yang masih ilegal itu juga tidak seharusnya terjadi, mengapa demikian?


Sejak dulu, para ahli sudah mengingatkan, teknologi baru menuntut manusia-manusia berpikir dengan cara baru. Menurut Peter Drucker ; New Technology x Old Minset hasilnya Fail! gagal! Jadi teknologi baru butuh mindset baru. Itu lah kesejahteraan.

Sebenarnya banyak inovasi yang bisa dilakukan oleh pihak taksi konvensional untuk meningkatkan kembali eksistensi mereka. Seperti menghadirkan keunikan tertentu yang menarik perhatian dan minat masyarakat, seperti Taksi Panda di Jepang, Taksi Anti Stress, Taksi Khusus Wanita di Meksiko, dan inovasi lainnya.

Namun tahukah kamu, siapakah sebenarnya mereka para konglomerat pemegang saham di balik raksasa transportasi di Indonesia?


1. Go-Jek
gojek 

Northstar Group, didirikan oleh Patrick Waluyo, melalui NSI Ventures menanamkan modalnya di PT Gojek Indonesia. Northstar menyuntik dana US$ 200 juta secara bertahap dalam beberapa tahun.

Patrick Waluyo




2. Blue Bird
https://ratushima567.files.wordpress.com/2014/02/bluebird-png2.png


Pemegang saham terbesar adalah PT Pusaka Citra Djokosoetono (37,17%) keluarga Purnowo Prawiro, terkaya urutan 29 dengan kekayaan US$ 1,03 miliar

Purnomo Prawiro





3. Grab



PT Metro Asia Pasific yang induknya di Malaysia, dapat suntikan US$ 350 juta dari Coteau Management LLC dan China Investments Corporation (CIC). Grup Lippo juga menanamkan investasi di aplikasi ini.




4. Uber



Merupakan perusahaan transportasi online berbasiskan di San Fransisco, Amerika Serikat. Didirikan oleh Travis Kalanick dan Garret Camp. Sekarang ada di 300-an kota di 68 negara.

Travis Kalanic adn Gareth Camp




5.  Express Trasindo (TAXI)




Peter Sondakh memiliki TAXI lewat PT Rajawali Corpora (51%) Peter merupakan orang terkaya ke 11 di Indonesia pada 2016 dengan kekayaan sebesar US$ 1,9 miliar versi majalah Forbes. Peter urutan 1,011 orang kaya di dunia.

Peter Sondakh


Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post