Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin Mengarah Ke Badan

Yuk Share di Facebook


Kipas angin adalah benda yang banyak digunakan orang ketika cuaca sedang panas sebagai alternatif AC dengan biaya yang lebih ekonomis. Namun sayangnya, banyak sekali diantara kita yang masih sering menggunakan kipas angin tetap menyala ke badan kemudian ditinggal tidur sampai pagi hari kita terbangun. Hal ini terkesan sederhana, namun ternyata bukan hal biasa, bahkan lama-lama bisa membunuh.


Menurut kepercayaan orang Korea sendiri. Tidur dalam suatu ruangan dengan kipas menyala dapat membawa seseorang pada kematian, fitur timer pada kipas angin disebut sebagai life-saving function. Fitur timer ini seringkali kita anggap remeh sembari terkadang berpikir, untuk apa ada timer pada kipas angin ini. Salah satu kegunaan utamanya tentu saja menghindari konsumen dari penggunaan kipas angin selama tidur.
Lalu sebenarnya apa saja efek samping dari tidur dengan kipas angin itu sendiri?


1. Penurunan Suhu Tubuh Secara Drastis

Ketika kita memutuskan untuk menggunakan kipas angin ketika hendak tidur, tentu saja karena suhu terasa panas sehingga untuk menyamankannya kita memerlukan pendingin yaitu kipas angin tersebut. Saat angin menerpa tubuh, tentu suhu tubuh akan menurun, dan ini bukanlah masalah. Hanya saja, saat suhu tubuh sudah turun, kipas angin yang tetap menyala akan terus menerpakan angin ke arah tubuh kita yang tentu saja menyebabkan suhu tubuh semakin turun dan turun, terutama pada saat tidur. Hasilnya, suhu tubuh menjadi turun secara drastis.
Hal ini dapat berakibat fatal, memperngaruhi tekanan darah dan pernafasan hingga menyebabkan gangguan jantung dan paru-paru.



2. Hipotermia

Hipotermia memang biasa terjadi di daerah ketinggian,disebut juga sebagai penyakit anak gunung. Namun gejala ini tidak hanya menyerang daerah ketinggian saja. Bahkan di daratan rendah, hipotermia juga bisa terjadi dimana tubuh benar-benar merasa kedinginan.
Kedinginan ini bisa saja kita alami jika terus-terusan membiarkan tubuh dalam keadaan diterpa angin kipas angin sapanjang malam. Fatalnya, tubuh bisa membeku dan pembuluh darah mengerut dan bisa mengakibatkan putusnya aliran darah yang menuju hidung, telinga, jari, tangan, dan kaki. Tubuh menjadi mati rasa dan menggigil dikarenakan suhu tubuh sudah dibawah normal. Gejala awla hipotermia terjadi jika suhu tubuh mencapai 36’C atau kedua kaki mulai mati rasa. Kemudia hipotermia berat terjadi ketika suhu tubuh berada kurang dari 32’C. Ingat, ini adalah ukuran suhu tubuh, bukan suhu ruangan.



3. Kekurangan Asupan Oksigen Bagi Tubuh

Jika kita tidur menggunakan kipas angin, terutama jika angin tersebut mengarah ke hidung atau mulut kita yang tentu saja mengganggu pernafasan. Apalagi jika ruangan tersebut tidak memiliki ventilasi untuk pertukanaran oksigen baru dengan yang lama.



4. Dehidrasi 

Menurut Dr. Wendra Ali, seorang ahli saraf, ketika seseorang berada dalam ruangan dingin dalam waktu yang cukup lama, maka tubuh akan mengalami kekeringan akibat dari kerja udara tersebutmenyerap cairan tubuh. Dan apabla hal ini terus terjadi sepanjang malam maka kelembaban tubuh akan hilang, kita jadi merasa haus bahkan dehidrasi berat yang ujungnya bisa membawa hipotermia.




5. Menyebabkan Kematian

Titik paling berbahaya adalah ini, ketika penggunaan kipas angin saat tidur ini dapat menyebabkan kmatian. Salah satunya yaitu, jika seseorang tidur dalam suatu ruangan dengan menyalakan kipas angin sepanjang tidur namun ruangan tersebut tidak memiliki fentilasi sehingga menyebabkan adanya peningkatan CO2 dan menipisnya kadar O2. Dan jika oksigen menipis inilah hidup kita pun menipis.
Disarankan jika suhu benar-benar panas namun kamu sudah benar-benar lelah dan ingin tertidur, gunakanlah fitur timer pada kipas tersebut dimana ketika kamu sudah terlelap nanti, kipas tersebut sudah berhenti menghembuskan angin ke tubuh kamu.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post