Musim Pancaroba, Hindari 5 Kebiasaan Ini!

Yuk Share di Facebook


Musim hujan di Indonesia biasa mencapai puncaknya pada bulan Februari, kemudian di bulan Maret dan April adalah bulan pergantian musim atau pancaroba yang identik dengan datangnya penyakit dari sana-sini seperti demam berdarah, flu dan batuk, tipes, sampai penyakit yang bisa membunuh.



Datangnya penyakit dan efek samping lainnya itu tentunya tidak tiba-tiba, ada beberapa hal yang sering dilakukan orang bahkan sudah jadi kebiasaan bagi mereka tanpa memperhatikan bagaimana mereka di kemudian hari, diantaranya adalah :

1. Malas Minum

Karena cuaca yang sering hujan deras dan terkadang panas yang terik. Banyak orang justru menjadi malas untuk bergerak, lebih senang di rumah bermalas-malasan, tidak terlalu merasa haus dan pada akhirnya malas minum. Padahal pancaroba adalah saat-saat dimana tubuh harus selalu fit, sementara kebutuhan air harian tubuh adalah 8 gelas perhari. Perlu diingat juga, minumlah dalam suhu normal, jangan terlalu adiktif terhadap minuman dingin yang tentunya kurang baik bagi tubuh.

2. Malas Makan dengan Benar

Karena cuaca yang ekstrim, banyak orang yang menjadi malas untuk memakan makanan yang bergizi.

Karena stok makanan sehat di kulkas sudah habis pada akhirnya kamu lebih senang untuk makan apa saja yang bisa dimakan meskipun itu kurang baik. Hal ini tentu sangat tidak baik dan membawa berbagai macam penyakit. Umumnya hal ini terjadi pada anak kuliah yang tinggal di rumah indekost dan harus melakukan segalanya secara mandiri.

3. Malas Berolahraga

Sudah bukan hal yang aneh lagi. Di zaman sekarang ini, sekalipun cuaca sedang cerah saja kebanyakan orang malas berolahraga. Membeli treadmill seharga jutaan lebih dipilih orang ketimbang berlari sehat pagi hari keliling komplek.

Usahakanlah berolahraga ketika sedang ada cuaca cerah di pagi atau sore hari. Rutin berolahraga kurang lebih 3 kali dalam seminggu dapat membuat tubuh lebih bugar. Olahraga seperti jogging, bermain sepeda, atau bermain bola, basket, dan olahraga lainnya. Tambahkan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga yang sebaiknya mempunyai kandungan vitamin C, Echinacea, dan Zinc.

4. Terlarut Dalam Stress

Tekanan dari segala aktifitas memang terkadang menghadirkan stress ringan. Manusia yang hidup tanpa tekanan tidak bisa dibilang benar-benar hidup. Namun jangan sampai kamu terlarut dalam stressmu, kelola lah tekanan yang ada dengan menyeimbangkan antara pekerjaan yang harus dikerjakan dengan hiburan yang menjadi penyeimbangnya.

5. Malas Mandi dan Menjaga Kebersihan

Malas adalah awal petaka dari segala sesuatu, cuaca ekstrim yang membuat orang malas beraktifitas akhirnya menjadikan orang tersebut malas untuk mandi dan membersihkan diri. Malas mandi 2 kali sehari, malas cuci tangan sebelum makan yang ujungnya mengunggah bibit-bibit penyakit.
Biasakanlah hidup bersih meskipun sedang musim cuaca ektrim. Berantaslah nyamuk, kecoa, lalat, dan hewan-hewan tak layak hidup di rumah lainnya.



Sekarang sedang musim pancaroba nih, dimana banyak orang terkena penyakit berat seperti demam berdarah, tipes, dan penyakit lainnya. Yuk, jaga kesehatan kita. :)

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post