8 Skill Entreperenur Yang Harus Diterapkan pada anak

Yuk Share di Facebook


“Kamu tidak belajar berjalan dengan membaca panduan. Kamu belajar dengan terus mencoba berjalan dan terjatuh berkali-kali” –Richard Branson
 


Kewajiban orang tua lah pendidikan anak, tentu para orang tua ingin anak-anaknya menjadi anak yang hebat di masa depan nanti. Sudah merupakan keharusan bagi para orang tua menyiapkan segala yang dibutuhkan anak di masa depan nanti.

Pola berpikir seorang entrepreneur adalah mengubah suatu kesulitan hidup menjadi sebuah tantangan yang harus dipecahkan dan diselesaikan. Mental inilah yang harus dibekali kepada anak sedari dini agar bermanfaat bagi para anak di masa depannya.


1. Ulet dan Tahan Banting

resilience_leafingroundHidup bagaikan roda yang berputar, tidak mungkin seorang individu selalu berada di atas, pasti ada waktunya ketika ia benar-benar ada di bawah. Begitu juga dengan seorang entrepreneur. Jiwa entrepreneur adalah jiwa yang tahan banting. Tidap pernah ada entrepreneur yang hidupnya selalu mulus tanpa tantangan yang luar biasa bikin si entrepreneur jatuh sejatuh jathuhnya. Maka dari itu, bekalkanlah kepada anak sifat tahan banting, mampu bangkit dengan kuat dan belajar dari kesalahan setiap kali menghadapi masalah dalam hidupnya

Bagaimana cara menginspirasi anak-anak kita?

Selalu ijinkan anak-anak untuk selalu mengekspresikan emosinya, jangan buat si anak mudah kecil hati dan selalu menyembunyikan perasaannya. Anak yang terbiasa menyembunyikan emosi cenderung mudah stress ketika tertimpa masalah.



2. Kreatifitas dan Inovasi

innovative

Seorang entrepreneur adalah sosok yang cerdas, tangkas, ulet, dan kreatif. Mampu menyelesaikan masalah yang rumit dengan solusi yang mantap. Untuk bisa survive di dunia entrepreneur diperlukan gaya berpikir yang diluar batas. Berfikir secara kreatif adalah pondasi yang paling penting bagi entrepreneur.

Bagaimana cara menginspirasi anak-anak kita?

Biarkanlah si anak bermain. Dengan apapun itu dengan teman-temannya maupun sendiri. Jangan batasi anak dengan hanya memainkan gadget atau komputernya yang tentu saja membatasi kreatifitasnya pula. Itu akan membangkitan kreatifitas berpikir anak.


 
3. Rajin

business-comment_01_temp-1384424925-5284a5dd-620x348

Seberapapun tinggi jabatan seseorang, meskipun itu manajer, CEO, atau bahkan bos paling tinggi pun tidak akan pernah malu dan malas untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Mereka yang malas tidak akan mungkin sampai ke level tinggi dalam karirnya.

Bagaimana cara menginspirasi anak-anak kita?

Latihlah kemandirian mereka dengan mengerjakan beberapa pekerjaan rumah beserta tanggung jawab terhadapnya. Dan juga sebagai orang tua juga jangan sampai memberikan contoh yang buruk seperti sering bermalas-malasan dengan gadget. Mendidik tidak hanya soal mengarahkan, tapi juga memberi contoh yang baik.

4. Penuh Rasa Penasaran dan Ingin Tahu
curiousity

Sifat rasa ingin tahu adalah awal yang bagus dan sangat baik diterapkan kepada anak. Seorang entrepreneur adalah seseorang yang akan selalu menemukan hal baru dalam perjalanan hidupnya kemudian mempelajarinya dan sukses dari hal itu. Selalu belajar dan selalu berusaha memperbaiki diri.

Bagaimana cara menginspirasi anak-anak kita?

Dorong para anak untuk mencoba hobi-hobi dan pengalaman-pengalaman baru. Selalu dukung mereka mendalami dan mengembangkan apa yang mereka minat atau punya bakat didalamnya meskipun banyak orang yang asing dengan hal itu. Miliki juga waktu-waktu khusus untuk kamu dan anak-anak bermain keluar seperti ke museum dan tempat-tempat lain yang edukatif dan jauh dari gadget.




5. Percaya Diri

self-confidence-quotes-hd-wallpaper-7 

Percaya pada diri sendiri dan pada kemampuan yang dimiliki adalah bekal untuk hidup sukses. Membuat anak-anak berani mengambil resiko dan belajar mengerti keadaan. Enterpreneurship adalah tentang memiliki keyakinan pada gagasan-gagasan milik sendiri.

Bagaimana cara menginspirasi anak-anak?

Berikan kesempatan pada anak untuk berpendapat dan membuat keputusan pribadi . Meskipun mungkin keputusan mereka bertentangan dengan keputusan kita. Sepanjang keputusan itu tidak bertentangan dengan norma dan akidah, biarkan mereka memilih dan belajar dari pengalaman.



6. Empati

Why-We-Need-to-Develop-Empathy 

Mampu menolong dan menjalin hubungan dengan orang lain adalah salah satu skill berharga yang dimiliki oleh enterpreneur. Seorang enterpreneur yang sukses memahami pentingnya empati dan hubungan yang positif.

Bagaimana cara menginspirasi anak-anak?

Hormati individualitas dan pendapat anak-anak kita. Dukung mereka supaya terbuka terhadap perasaan mereka sendiri. Ketika mereka dihargai, mereka akan tahu bagaimana cara menghargai dan menghormati orang lain.



7. Optimis
 

be-optimistic-optimism-typography-2560x1600-wallpaper313501 

Para enterpreneur adalah model sebuah optimisme. mereka mencoba membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi umat manusia. Dan pemikiran yang positif ini memberikan keuntungan baik bagi kesehatan ataupun hubungan sosial.


Bagaimana cara menginspirasi anak-anak?
 Optimisme itu menular, maka jadilah teladan bagi anak-anak. Mulailah untuk menjadi pribadi yang optimis. Bagikan cerita-cerita positif dan percakapan-percakapan yang penuh inspirasi dengan anak-anak kita.
 
8. Kemampuan untuk Memberi
 
mushroom-giving-back-479x224
 
Enterpreneur memahami betul manfaat dari CSR, meskipun dana dari CSR itu mungkin tidak mampu membantu semua orang. Seorang visioner sejati ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang, tidak hanya bagi dirinya sendiri. 
 
Bagaimana cara menginsinpirasi anak-anak?


Dorong anak-anak untuk membantu orang-orang disekitar mereka. Mungkin dengan membantu menyapu halaman kakek nenek yang sudah tua di ujung perumahan, atau dengan mengumpulkan donasi untuk hal-hal yang mereka pedulikan.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post