Mengenal Lebih Dekat Joey Alexander, Bocah 12 Tahun Musisi Pertama Indonesia di Grammy

Yuk Share di Facebook

Sebenarnya siapa sih Joey Alexander itu? Bagaimana ceritanya kok diumur yang sangat belia itu dia sudah masuk nominasi Grammy, bahkan menjadi orang indonesia pertama sekaligus termuda asal Indonesia yang mengikuti ajang penghargaan musik tersebut?


Nama Joey Alexander belakangan ini sering terdengar di berbagai media. Tidak heran, bocah yang baru berumur 12 tahun tersebut sudah masuk 2 nominasi di 58th Grammy kemarin yaitu di kategori Best Improvised Jazz Solo serta Best Jazz Instrumental Album. Tidak hanya itu, keponakan rocker Nafa Urbach ini juga tampil sebanyak dua kali di ajang penghargaan musik paling bergengsi di dunia tersebut.

Sebenarnya siapa sih Joey Alexander itu? Bagaimana ceritanya kok diumur yang sangat belia itu dia sudah masuk nominasi Grammy, bahkan menjadi orang indonesia pertama sekaligus termuda asal Indonesia yang mengikuti ajang penghargaan musik tersebut?

Josiah Alexander Sila, lahir di bali, 23 juni 2003 adalah pianis yang mengenal musiknya sejak lahir, bahkan sejak dalam kandungan, menurut Joey, ibunya sudah sering mendengarkan musik klasik yang konon dapat mencerdaskan janin.

Meskipun mendengar musik sejak janin, Joey baru pertama kali memencet tuts piano nya di umur 6 tahun. Sang ayah lah, seorang pemusik amatir yang memperkenalkannya pada dunia musik dan jazz dan membawa Joey mengikuti sesi jam dengan musisi berpengalaman baik di bali maupun jakarta sehingga permainan pianonya kian berkembang, permainan Joey juga kerap di upload di situs berbagi video Youtube sehingga ia semakin dikenal khalayak.

Dimulai ketika berumur 8 tahun, Joey banyak berkolaborasi jazz dengan para musisi ternama seperti Barry Likumahuwa, Indra Lesmana, dan musisi-musisi lainnya yang semakin menonjolkan namanya sebelum akhirnya ia berpindah ke luar negri.

Pilihannya berpindah keluar negri semakin memperluas dan memperlamudah jalannya sebagai pemain musik andal, sehingga pihak label Motema Music merangkulnya dan merilis album debutnya yang berjudul My Favorite Things.


joey
Di tahun 2015, Joey Alexander muncul di halaman depan majalah ternama New York Times. Hal ini lah yang semakin mengangkat dan melambungkan namanya sebagai pianis jazz muda internasional yang sudah banyak bermain di ajang musik jazz ternama seperti Newport Jazz Festival.

Kita doakan saja semoga Joey semakin sukses sehingga dapat membanggakan keluarga bahkan negaranya Indonesia tercinta.

Berikut adalah fakta seputar Joey Alexander :

1. Usia 8 tahun main jazz di club jazz jkt diasuh oleh Indera Lesmana

2. Pindah ke New York Tahun 2014

3. Musisi Jazz termuda Indonesia

4. Rilis album solo di usia 11 tahun

5. No 1 Billboar untuk Jazz Albums dan Traditional Jazz Albums

6,. Viral di internet saat menampilkan A Great Night in Harlem di Apollo Theater

7. Keponakan dari Nafa Urbach

8. Tampil di Java Jazz Festival 2014

9. Performer termuda Newport Jazz Festival

10. Albumnya jadi no.1 Amazon Best Sellers melampau Adelle

11. 12 mei 2015, Joey jadi cover new york times

12. Video Youtube Giants Steps ditonton 900k viewers

13. Masuk 2 nominasi Grammy Awards 2016

14. Mendapat Standing Ovation para artis ternama di Grammy 2016

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post