Keren! Begini Cara Kerja 'Tangan Iron-Man' Milik Bli Tawan (+Video)

Yuk Share di Facebook

Iron-Man asal Bali, Indonesia ini yang sedang menjadi viral diperbincangkan di media. Luar biasa, Tawan yang hanya merupakan pekerja las dan pengumpul barang bekas mampu menciptakan tangan robotnya sendiri yang dikontrol sendiri pula oleh otaknya. Bagaimana cara kerjanya ya?



I Wayan Sumardana atau yang lebih akrab dipanggil Tawan ini mengelas dan menciptakan sendiri 'tangan Iron-Man' tersebut di bengkelnya di desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali.

Lelaki lulusan STM ini merakit sendiri tangannya demi kelancaran pekerjaannya sebagai tukang las untuk menghidupi istri dan ketiga anaknya.



Dalam video liputan KompasTV diatas diperlihatkan bagaimana Tawan memasang dan kemudian menggerakkan tangan robotnya.

Sangat keren! benar-benar seperti di film. Dalam video tersebut, Tawan mula-mula menyesuaikan tangan robotnya dengan tangan aslinya, kemudian Tawan terlihat seperti berkonsentrasi berusaha menggerakkan tangan kirinya dan kemudian tangan robot tersebut bergerak.



Luar biasanya, pria berusia 31tahun ini menciptakan tangan kerennya tersebut 90% nya dari barang bekas. Lihat saja gear yang ia gunakan di bagian siku yang Tawan ambil dari starter motor. Begitu juga bagian Hydraulics yang diambilnya dari bekas shockbreaker belakang motor.

Ilmu perakitannya dia dapat dari internet dan beberapa pelajaran yang ia dapatkan semasa menimba ilmu di STM.




Terlihat bagaimana rangkaian rumit yang diciptakan Tawan dari dinamo, kawat, dan barang-barang bekas lainnya.

Tawan sudah sangat terekspos oleh media, tidak hanya media Indonesia, media luar juga sudah mengetahui Iron-man asal Bali ini.


Namun Tawan mengaku, tangan robotik buatannya ini masih sangat kurang dan perlu perbaikan lagi. Terutama untuk menggerakkan jari-jarinya demi memudahkannya dalam bekerja. Tawan sangat berharap ada pihak yang bersangkutan yang dapat membantunya.

Kira-kira bagaimana yaa nasib tawan oleh negara kali ini? mendapat dukungan atau kembali terbuang? Mari berdoa sajalah yang terbaik bagi Bli Tawan.

Yuk Share, agar bli Tawan makin ngehits.

Share this post

Post a comment

  1. spertinya para sarjana teknik akan malu jika konteks awal judul skripsinya hanya tentang peninjaun dan peninjauan saja mengulas hal yg lumrah (buang waktu + buang ongkos ortu = yg penting ST), kalah bobot dgn si Tawan alumni STM

    ReplyDelete

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post