Hewan-Hewan Yang Dapat Memprediksi Hujan

Yuk Share di Facebook

Sekarang memang sedang musim hujan di indonesia. Kita biasa mengandalkan ramalan cuaca atau terkaan sendiri akan datangnya hujan. Tetapi tahukah anda? beberapa hewan ini mampu memprediksi datangnya hujan, dan dapat membantu manusia mengetahui akan hadirnya hujan.

 
1. Semut


Semut akan membangun sarangnya lebih tinggi ketika hujan akan menyerang. Maka perhatikan, apabila semut-semut disekitar anda terlihat membangun sarang lebih tinggi, maka segeralah angkat jemuran anda!


2. Domba 


Para domba atau domba yang berkelompok biasanya akan berkumpul di suatu kerumunan secara beramai-ramai dan berusaha mencari tempat berteduh.

Hal ini menandakan bahwa pada pada waktu dekat atau esok harinya akan hujan atau akan datang cuaca buruk.


3. Kelelawar


Kelelawar ketika akan hujan biasanya terbang lebih rendah sambil berusaha mencaru tempat yang aman dari hujan. Karena, apabila kelelawar terkena hujan dan kemudian basah akan menjadikan sayapnya sulit digerakkan dan tentu saja menyulitkannya untuk terbang dan mencari makanan.


4. Sapi


Ketika akan turun hujan, sapi akan terlihat gelisah, berjalan berombongan dan terus berusaha mengusir lalat menggunakan ekornya dengan cepat.

Sekalipun sedang makan, ketika akan datang hujan, sapi akan menghentikannya mulai gelisah dan mencari tempat yang aman dari hujan.





5. Kodok 


Apabila akan turun hujan, kodok yang ada di tempat berair biasa mencari tempat kering dan kemudian seolah-olah bernyanyi bersama-sama.

Kita tentu sering mendengar nyanyian kodok ini ketika akan turun hujan dan setelah hujan.

Sebenarnya nyanyian kodok ini mereka lakukan karena tidak nyaman dengan kerongkongannya yang lembab.


6. Burung Walet


Jika di daerah anda banyak ditemukan burung walet, maka sangat mudah untuk memprediksi akan hadirnya cuaca buruk. Pada cuaca yang cerah, burung walet akan terbang cukup tinggi, dan apabila cuaca sekiranya akan buruk, maka para burung walet akan terbang lebih rendah.

7. Kupu-Kupu


Hewan yang satu ini sangat membantu manusia menerka hadirnya hujan. Para kupu-kupu yang biasanya terbang di sekitar bunga-bunga dan hinggap diantaranta akan meninggalkan bunga-bunga tersebut untuk kemudian mencari tempat berteduh.

Jika anda menemukan kupu-kupu di pekarangan rumah anda nanti meninggalkan bunga-bunga yang dihinggapinya ketika langit terlihat mendung, besar kemungkinan akan hadir hujan di daerah anda.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post