Fakta Seputar Flu Yang Pasti Kamu Belum Tau

Yuk Share di Facebook

Seperti yang kebanyakan diketahu, flu hanyalah sebatas pilek, bersin, dan gejala ringan lainnya. Kita di zaman modern ini hanya tau bahwa flu adalah penyakit yang sangat ringan dan umum. Tetapi tahukah anda bahwa flu adalah virus yang banyak menyebabkan kematian di masa lampau?

Pada zaman dahulu, Influenza merupakan virus mematikan yang bertanggung jawab atas meninggalnya 250.000 - 500.000 manusia tiap tahunnya pada beberapa tahun pandemik. Para ilmuwan pun pada akhirnya saling berusaha dan berlomba-lomba dan berembuk untuk mendapatkan penawar dari virus ini sampai jadilah influenza seperti yang kita kenal semarang.

Tetapi masih banyak fakta dan mitos yang tersebar di masyarakat yang kita belum tau benar atau tidaknya, diantaranya :

1. Flu Disebabkan Oleh Hujan dan Dingin

Pada dasarnya, flu disebabkan oleh virus yang menyebar lewat udara ketika melakukan kontak langsung maupun tidak langsung dengan banyak orang, kemudian menular jika dihirup oleh orang lain.

Virus ini hanya dapat dinonaktifkan dengan sinar matahari dan desinfektan. Hal inilah yang menyebabkan virus ini mudah menyebar di musim hujan dan dingin, karena sinar matahari jarang muncul dan menyebabkan musim hujan menjadi musim yang rawan flu.


2. Sup Ayam Sembuhkan Flu

Banyak para ibu di rumah yang menyajikan sup ayam ketika anggota keluarga ada yang terserang flu, dengan alasan sup ayam dapat menjadi penawar virus tersebut.

Ternyata sup ayam mengatasi influenza bukan hanya sekedar mitos atau resep turun temurun yang tidak sengaja. Sejumlah penelitian ilmiah telah membuktikan khasiat dari sup ayam tersebut.

Dr. Stephen Rennard asal Amerika Serikat berhasil menemukan kandungan sup ayam yang mampu membantu mekanisme pertahanan paru-paru. Ia meneliti sup ayam buatan istrinya yang berasal dari resep turun temurun nenek moyangnya.

Dokter dari University of Nebraska itu mengungkap dampak sup pada neutrofil, sel darah putih yang menstimulasi pengeluaran lendir. Hasilnya kemudian diterbitkan dalam jurnal kedokteran Chest yang diberi judul Sup Ayam Mampu Menghambat Pergerakan Neutrofil.

Beberapa ahli lainnya juga berhasil menemukan kandungan yang ada dalam sup ayam. Sup ayam dan sayur dengan volume air yang sama sebanyak satu gelas mempunyai 75 kalori. Detailnya, lemak 34%, karbohidrat 46% dan 20% protein dengan porsi umum.

Sup ayam juga mengandung anti-inflamasi yaitu formula yang mempunyai fungsi sebagai pereda dan penghilang radang yang bukan karena mikroorganisme dalam tubuh. Sehingga sup ayam dapat mengurangi pembengkakan dalam hidung.





3. Batuk dan Bersin Tularkan Flu

Pada dasarnya, virus ini memang menular melalui udara.

Saat orang bersin dan batuk, banyak partikel cairan yang keluar dari dalam tubuh dalam jumlah besar yang kemudian jatuh ke lantai. Namun ada pula yang bervolume kecil sehingga dapat berterbangan diudara.

Maka dianjurkan bagi mereka yang sedang terkena flu untuk menggunakan masker. Selain itu dianjurkan juga agar selalu mencuci tangan selepas melakukan kontak seperti bersalaman, menaiki tangga, dan menggunakan lift.

4. Antibiotik Dapat Sembuhkan Flu

Hali ini tidak benar, karena pada dasarnya, Antibiotik adalah penawar bagi bakteri, sementara flu adalah virus.

Kecuali bagi beberapa penderita influenza akut, yang mengalami infeksi pada organ lain seperti infeksi pada cairan telinga. Antibiotik digunakan untuk mencegah dan mengatasi bakteri yang menyerang infeksi tersebut.

5. Vitamin C Atasi Flu

Vitamin C tidak sepenuhnya mengatasi flu. Vitamin C hanya mempercepat sembuhnya flu.

Menurut penelitian, pasien pengidap flu yang mengkonsumsi vitamin c dengan yang tidak hanya terpaut setengah hari dalam durasi sembuhnya.






Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post