10 Cara Murah dan Mudah untuk Berhenti Stress Saat Ini Juga

Yuk Share di Facebook

Kamu lagi stress? wajar kok. Tapi kamu harus tau cara mengatasinya. Tips dan Trik untuk mengurangi stress ini akan menurunkan tekanan darah, kadar gula, dan membuat kamu jauuh lebih rileks.

1. Kunyah Permen Karet dan Pecahkan Balonnya

Tiba-tiba bos marah-marah dan bilang kerjaan kamu nggak beres. Mulai sekarang siapin permen karet di kantong, kalau kamu stress, kunyah permennya, bikin balon, dan letuskan! :D Menurut penelitian, mengunyah permen karet mengurangi kecemasan dan meredakan stress. Para ahli menduga gerakan mengunyah meningkatkan aliran darah ke otak, sementara wangi permen karet bikin otak kita lebih santai.

2. Keluar Ruangan, Nikmati Alam Sekitar
Kalau kamu sedang berada di dalam rumah atau ruangan kantor, keluar deh. Kalau kita sedang berada di alam kita cenderung untuk bergerak aktif, entah itu berjalan, mendaki, maupun berlari

3. Senyum dengan Tulus 
Jangan remehkan saran untuk senyum. Tersenyum, apalagi senyum yang tulus akan menggerakkan otot-otot muka sehingga mengurangi respons tubuh terhadap stress, walaupun kamu sedang tidak merasa senang. Tersenyum juga mempercepat proses penurunan detak jantung setelah masalah teratasi.

4. Hirup Aroma Bunga, misalnya Lavender

Beberapa jenis wewangian membawa efek relaksasi. Ada penelitian dimana para perawat yang mengoleskan sedikit minyak lavender ke seragamnya ternyata lebih rileks dan tidak merasa terlalu stress, sedangkan para perawat yang tidak melakukannya lebih merasa stress. Lavender juga meningkatkan efek beberapa obat pereda nyeri dan anticemas.

5. Dengarkan Musik

Musik bisa jadi pelarian kalau kamu sedang menghadapi situasi yang bikin tertekan. Musik apa? tergantung selera kamu ya. Tapi, musik cadas tidak akan membantu. Dengarkanlah musik yang tenang dengan ritme teratur.





6. Atur Nafas

Ada berbagai teknik mengatur nafas. Mengatur nafas sudah lama direkomendasikan para dokter dan psikolog untuk mengurangi stress. Caranya adalah dengan memusatkan pikiran pada nafas kita. Duduklah di sofa yang nyaman. Tarik napas perlahan dari hidung, oerhatikan dada dan perutmu mengembang, lepas perlahan sambil mengucapkan kata-kata positif yang bisa membantu kamu rileks. Ulang-ulangi selama 10 menit.

7. Berbaikhatilah kepada Dirimu Sendiri
Bayangkan ada yang sedang curhat tentang masalahnya kepada kamu, kamu akan nyemangatin dia dengan kata-kata positif kan. Seperti, "tenang saja, masalah akan berlalu kok", "kamu harus tenang, kamu pasti bisa" atau semacamnya. Bila suasana stress mulai terasa, cobalah berkata baik yang menenangkan dirimu sendiri.

8. Menulis
Menulis adalah salah satu terapi stress yang bisa membantu membuka pikiranmu. Tidak masalah kamu lebih suka menulis di kertas, di handphone, atau di laptop, yang penting jujur tentang apa yang kamu pikirkan dan poin-poin apa yang terpikir untuk mengatasi masalahmu. Mulailah menulis!

9. Curhat
Bercerita bisa mengurangi stress karena kamu nggak lagi merasa sendirian. Tapi kalau kamu sudah menikah, pastikan curhat kepada pasanganmu ya..bukan yang lain.

10. Bergerak
Ayo olahraga! Saat kamu berkeringat, mood positif bisa mengikutimu. Kamu bisa jalan santai, lari, atau sengaja pergi ke pusat-pusat kebugaran. Yay!



Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post