Medicine Baba, Pahlawan Obat India Yang Hebohkan Dunia

Yuk Share di Facebook

Medicine Baba, kakek 79 tahun yang rela berkeliling New Delhi menjadi pahlawan dengan membagikan obat-obatan secara cuma-cuma kepada para penduduk kurang mampu yang membutuhkan.


Berguna bagi orang lain tidaklah harus kaya dan mapan. Untuk berbagi tidak harus memiliki harta berlebih. Asalkan memiliki niat yang kuat semua bisa berbuat baik. Tak perlu memandang umur, posisi, dan lainnya.

Ini lah yang diaplikasikan oleh Omkar Nath Sharma, lelaki berumur 79 tahun ini diberi julukan Medicine Baba. Baba dalam bahasa india adalah orang yang bijaksana.

Ia berkeliling New Delhi sejauh 7 kilometer setiap harinya untuk membagikan obat secara cuma-cuma kepada rakyat kurang mampu yang mebutuhkannya.

Omkar Nath Sharma bukanlah orang yang berada. Justru dia adalah lelaki tua biasa yang memiliki niat mulia untuk berbuat baik.

Konsep yang dilakukannya sangat sederhana, tidak perlu modal usaha yang penting hanya niat yang kuat untuk berbagi.

Sangat sederhana gagasannya. Setiap masayarakat kelas menengah dan atas pasti memilik obat yang tak terpakai. Tentu saja kita sendiri sering memiliki obat yang ditemukan sudah lama dan kemudian kadaluarsa.

Obat-obatan seperti obat demam, flu, batuk dan sebagainya tentu sangat mudah ditemukan di rumah-rumah.

Maka Sharma berkeliling ke kawasan orang kaya, berteriak meminta obat-obatan yang tak terpakai untuk kemudian disimpan dan dibagikan kepada rakyat kurang mampu yg membutuhkan.

“Kita pasti pernah mengalaminya, membuang obat kadaluarsa karena lama tidak terpakai. Saya ingin obat-obat itu diberikan kepada yang berhak,” ujar Sharma.








Konsep ini berawal pada 2008 silam. Ketika itu Sharma terkejut mengetahui sebuah cerita mengenaskan dari buruh bangunan yang tewas setelah tertimpa beton. Sebenarnya buruh itu belum meninggal ketika di rawat di Rumah Sakit, namun karena tak punya uang untuk membeli obat di apotek, buruh tersebut meninggal beberapa hari kemudian setelah pulang dari perawatan.

“Gagasan ini muncul di kepala saya beberapa tahun lalu ketika saya melihat bagaimana warga miskin berjuang membeli obat-obatan. Ketika pertama memulainya, saya diolok-olok dan disebut pengemis tapi sekarang orang-orang menghormati apa yang saya lakukan,” terangnya kemudian.

Dialah Medicine Baba, Lelaki tua yang memiliki niat mulia membantu sesama.

Berikut videonya, bahasa india sih, tapi kurang lebih beginilah kegiatan Sharma sehari-hari.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post