Fakta dan Mitos Seputar Jerawat

Yuk Share di Facebook

Banyak desas-desus yang kita dengar seputar jerawat. Makan kacang menyebabkan jerawat? Stress sebabkan jerawat? pasta gigi dapat sembuhkan jerawat? mitos atau fakta?

Jerawat memanglah sesuatu yang sangat mengganggu. Keberadaaan dan kemunculannya di wajah dapat merusak penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Beberapa pendapat akhirnya tersebar di khalayak. Dan tentu saja di era modern serba internet ini kita sangat mudah mempercayai segala yang kita temukan, tanpa memperhatikan sumbernya.

Berikut mitos dan fakta seputar jerawat :

1. Stress Sebabkan Jerawat?


(Fakta)

Stress ternyata memegang peran penting dalam memperberat jerawat. Stress memang bukan penyebab utama namun dapat memperparah jerawat yang sudah terjadi.

Jerawat memang bersifat individual. Bervariasi sifat jerawat bagi tap orang, namun ada 3 konsep dasar mekanisme terjadinya jerawat yang sangat birenteraksi, yaitu hiperaktivitas kelenjar sebasea (lemak), perubahan pada pertumbuhan sel kulit paling luar, dan pengaruh bakteri.

Faktor keturunan dan aktivitas hormonal juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya jerawat.


2. Makan Kacang Bikin Jerawatan?


(Mitos)

Kacang ataupun makanan lainnya tidak berpengaruh terhadap jerawat.
Seperti yang dituturkan oleh Dr. Samuel Lucas Simon SpKK, seorang dokter spesialis kulit Departemen Spesialis Dermatologi dari RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat), Gatot Soebroto.

Dokter samuel, seperti yang dilansir oleh antara, menegaskan kalau tidak ada satupun makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat, sebab menurutnya, apabila satu makanan mampu menghasilkan jerawat, maka logisnya seluruh orang yang memakan makanan itu akan jadi jerawatan semuanya.

Pada dasarnya jerawat disebabkan oleh adanya minyak berlebih yang terdapat pada pori-pori kulit.


3. Makan Coklat Bikin Jerawatan?


(Mitos)

Seperti yang dituturkan di atas, bahwa makanan tidak berpengaruh terhadap jerawat.

Cokelat murni mengandung zat-zat antioksidan yang sangat baik untuk kulit. Kelebihan lain dari makanan ini adalah bisa menimbulkan perasaan senang. Tetapi, cokelat yang kebanyakan beredar di pasaran mengandung gula dan susu yang tinggi dan bisa memicu gangguan kulit seperti komedo dan jerawat.

Jika Anda penggemar cokelat, pilihlah cokelat hitam dengan kandungan cocoa yang tinggi dan kadar gula rendah. Untuk memiliki kulit yang sehat dan berat badan tak bertambah, makanlah cokelat sedikit saja. Satu atau dua gigit masih tidak masalah.








4. Pasta Gigi Sembuhkan Jerawat?


(Mitos)

Banyak yang bilang bahwa jika timbul jerawat oleskan saja pasta gigi, jerawat pasti akan lebih cepat sembuh.

Pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Memang ada beberapa zat kimia dalam pasta gigi yang mampu membantu mengeringkan kulit dan mempercepat penyembuhan jerawat. Namun pada beberapa pasta gigi tertentu, banyak yang mengandung zat yang tidak cocok untuk kulit bahkan dapat merusak dan membahayakan permukaan kulit wajah.

5. Memencet Jerawat Memperparah Jerawat?


(Fakta)

Menurut para pakar kesehatan, ketika kamu memencet jerawat, bakteri yang hadir dalam jerawat akan menyebar sehingga membuat wajahmu semakin rentan terkena jerawat baru. Jika kamu pernah mengamati, saat jerawat di wajah dipencet, beberapa jam kemudian akan muncul satu atau dua jerawat baru yang dapat membuatmu makin frustasi.




Jerawat sendiri dapat muncul karena berbagai macam faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kemunculan jerawat :
  1. Stress
  2. Hormon
  3. Depresi
  4. Kesehatan kulit yang tidak terjaga
  5. Radiasi sinar matahari
  6. Alergi akan obat – obatan tertentu
  7. Polusi udara
  8. Kekurangan nutrisi kulit wajah
  9. Kurang memperhatikan kebersihan wajah
  10. Kontak dengan debu dan polutan yang ada di udara bebas

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post