5 Cara Hemat Jadi Anak Kost

Yuk Share di Facebook

Anak kost dalam meme biasa di identikkan dengan kehidupan yang serba susah, dan melarat. Sebenarnya anak kost tidak akan se merana itu apabila bisa mengatur dan me manage keuangan dan kehidupannya. Berikut 5 tips hemat ala anak kost.

1. Niat Menabung



Setelah dapat uang bulanan dari orang tua kebanyakan mahasiswa merasa memiliki uang yang begitu melimpah. Sangat jarang mahasiswa yang setelah menerima uang bulanan kemudian makan di warteg lalu berniat menabung sisa uangnya.

Yap, setelah menerima uang bulanan kebanyakan mahasiswa langsung nongkrong di cafe-cafe sekitar. Hal ini tentu saja gaya hidup yang boros.

Menabung memang tidak mudah tanpa pembiasaan. Maka biasakanlah menabung sejak sekarang.


2.  Ga Usah Beli Buku Yang Ga Diwajibin Dosen


Dalam dunia perkuliahan, membeli buku bukanlah suatu kewajiban. Paling hanya beberapa dosen saja yang akan mewajibkan anda membeli buku.

Maka manfaatkanlah hal ini, daripada membeli buku, anda bisa meminjam buku teman untuk kemudian memfotokopi bagian tertentu saja yang diperlukan.

Selain itu, anda bisa juga mencari dan meminjam buku dari kakak tingkat yang memiliki buku tersebut dan sudah tidak mempergunakannya lagi.


3. Langsung Pulang Setelah Ngampus



Nongkrong setelah ngampus memang seolah sudah menjadi acara wajib. Memang banyak tempat nongkrong yang murah. Namun apabila anda ingin menghemat, lebih baik anda langsung pulang ke kost untuk kemudian makan makanan pokok di kost tanpa harus jajan di luar.

Perut memang ga bisa dikompromi. Terkadang kita hanya niat beli kopi di warung kopi yang seharusnya segelas Rp 3000.- jadi beli bubur kacang ijo, Indomie telur, gorengan, susu jahe dan lainnya yang akhirnya menguras Rp 25000,- 

Atau jika anda benar-benar ingin nongkrong dengan teman-teman anda, usahakan jangan beli apapun. ikutlah mengobrol saja, atau belilah minuman termurah yang disajikan tempat nongkrong tersebut.






4. Bawa Rice Cooker Dari Rumah



Buat yang tinngal di kost jauh dari rumah, membawa rice cooker sangatlah membantu. anda bisa menghemat 4000 sampai 6000 ribu rupiah setiap makannya.

Bawalah penanak nasi ukuran kecil apabila hanya anda yang menggunakannya dan gunakanlah penanan nasi ukuran besar apabila anda tinggal bersama-sama dengan teman-teman anda di suatu kontrakkan.

5. Makan 2x Sehari



Kita memakan makanan pokok pada umumnya 3 kali sehari. Namun untuk menghemat sebagai anak kost, anda cukup makan 2x sehari saja.

Yang pertama adalah ketika istirahat kampus, sekitar jam 10 an. Dan kemudian di makan ke dua di malam hari.

Cara ini dapat menghemat pengeluaran anda tanpa harus merasa kelaparan. Pergunakanlah penanak nasi di kamar kost agar porsi nasi bisa sebanyak dan sesuai selera anda. atau makanlah di tempat makan yang terkenal murah dan puas. Hindari tempat makan yang mewah dan boros.


Share this post

Post a comment

  1. ya bisa juga banyakin teman biar mereka yang traktir tiap hari :)

    ReplyDelete

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post