5 Hal Yang Tanpa Kamu Sadari Merusak Gigimu

Yuk Share di Facebook



Gigi bukan hanya sekedar alat untuk mengunyah. Gigi yang buruk dapat mengganggu penampilan, bahkan kesehatan organ tubuh lainnya. Beberapa hal ini mungkin saja sering anda lakukan terhadap gigi anda, tetapi tanpa anda sadari, hal-hal ini dapat merusak kesehatan gigi anda.


Berikut adalah 5 hal yang tanpa anda sadari merusak gigi anda :

1. Bruxism,  

 Berasal dari bahasa greek (brychein), yang berarti to gnash the teeth atau mengerotkan gigi-gigi adalah suatu kebiasaan yang terlihat dalam mulut berupa suatu ritme yang tidak disadari dan tidak disengaja atau gerakan nonfungsional dalam menggertakan gigi, menggerus gigi, dan mengepalkan gigi, biasanya terjadi selama waktu tidur, dimana hal ini dapat menimbulkan rasa sakit pada kepala dan kerusakan gigi yang nantinya dapat menyebabkan terjadinya traumatik oklusi.

Banyak dari kita yang sering menggerotkan gigi seperti ini ketika iseng saja tanpa kita sadari dapat menggerus dan merusak enamel gigi.

bruxism merusak email gigi


2. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Asam Asetat (cuka)

Siapa disini yang tidak menyukai pempek, makanan khas palembang ini memang nikmat. Tak jarang orang palembang banyak yang mengkonsumsinya ketika baru bangun dari tidurnya ketimbang roti atau jenis makanan lainnya untuk sarapan. Tetapi cuka pempek yang mengandung asam cuka ini tidak baik dan dapat merusak enamel gigi. Maka tidak heran, masyarakat Palembang yang gemar mengkonsumsi pempek pun kacau balau bolong-bolong giginya. apalagi yang tidak rajin menggosok gigi.

Kuah pempek mengandung cuka


3. Ngempeng

Ngempeng atau menggigit-gigit sesuatu (biasanya jari) memang umumnya dilakukan oleh anak-anak. Namun tidak sedikit juga orang dewasa yang punya kebiasaan ini. Kebiasaan ini sangatlah tidak baik dan dapat merusak struktur gigi, bikin tonggos, dan tentu saja merusak penampilan anda.

Ngempeng

Tonggos





4. Menggerogoti Tulang Sisa Makanan

Tentu saja banyak diantara kita yang punya kebiasaan ini. Tidak hanya karena lapar, menggerogoti tulang sisa makanan pun menjadi kenikmatan tersediri bagi sebagian orang. Tetapi tanpa kita sadari, kebiasaan ini pun tidak baik, karena dapat menyebabkan abfrasi pada gigi dan mebuatnya lebih mudah ngilu.

Tulang Ayam Sisa




5. Menggigit Bibir Bawah

Banyak sekali diantara kita yang punya kebiasaan ini. ketika grogi, memang kebiasaan, atau agar terlihat seksi, banyak dari kita yang sering menggigit bibir bawahnya. Tanpa kita sadari juga kebiasaan ini dapat merusak struktrur gigi tak ubahnya 'ngempeng' pada anak-anak dan sebagian orang dewasa.

Menggigit Bibir Bawah


Gigi bukanlah sekedar alat untuk mengunyah, kesehatan gigi adalah kesehatan seluruh tumbuh. kebaikan tampilan gigi juga keindahan dalam penampilan. Banyak penyakit-penyakit berat seperti penyakit jantung dan lain sebagainya yang dapat disebabkan oleh gigi yang tidak sehat. Mari kita menjaga kesehatan gigi kita dengan menjauhi hal-hal yang dapat merusak gigi dan tentu saja menggosok gigi secara rutin dan teratur.


Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post