7 Saran Penting Buat Kamu yang Mau Ngulang SBMPTN Tahun Depan

Yuk Share di Facebook

suasana SBMPTN
Kamu udah ikut SBMPTN tapi belum berhasil masuk kampus idaman? Jangan khawatir, masih ada kesempatan lagi. Tapi kamu perlu perhatikan 7 Saran Penting ini supaya kemungkinan lulus kamu lebih besar nanti.


1. Berdoa Giat, Lebih Giat, dan Super Giat
Nomer satu adalah sadar siapa yang nentuin takdir kamu. Nah mintalah sama Dia. Kalau sebelumnya kamu cuma berdoa seminggu sekali, ubah jadi sehari sekali. Kalau biasanya mintanya sehari sekali, mintalah jadi sehari 5 kali. Kalau sebelumna 5 kali, mintalah 21 kali. Kalau perlu, titip doa yang ke tanah suci karena konon lebih mudah terkabul!

2. Minta Restu Orangtua
Jangan lupa minta doa orangtua. Kalau perlu doanya detail dengan jurusan yang kamu pengenin. Doa kamu + doa ortu, wah...mantap deh.

3. Berhenti ikut Bimbel!
Maksudnya...kalau bimbel sebelumnya gagal nganter kamu ke kampus impian, sebaiknya pertimbangkan bimbel lain yang lebih cocok dengan kamu. Pengalaman ngebimbel sebelumnya bisa jadi patokan. Kalau perlu, ambil privat untuk materi yang kamu rasa susah banget pake sekali. Nggak ada salahnya juga kok nggak ikut bimbel dan belajar sendiri asal kamu tetap menguji diri dengan soal-soal smbptn tahun tahun sebelumnya

4. Cari Temen yang Sibuk
Nge-geng lah sama temen-temen yang sibuk karena semangat SMBPTN supaya ketularan semangat. Jangan sampe kamu lebih banyak gaul sama yang nggak pengen kuliah, beda aura! Bisa-bisa kamu malah terbuai sehingga waktu kamu terbuang. Dengan temen-temen yang semangat, kamu bisa belajar bareng, survey kampus bareng, bahkan ibadah bareng!





5. (Jangan) Datangin Kampus Impian Kamu
Ini keliatannya nggak sesuai dengan saran para motivator, tapi percaya gak percaya, biasanya yang didatengin malah gak jebol! Mungkin kalau nggak kita datengin, kita jadi lebih sungguh sungguh berdoa biar jadi masuk ke kampus itu, sedangkan kalau kita datengin...dalam hati kita malah jadi berangan angan dan merasa gaya berada di kampus itu. Kan bukan sikap yang baek menurut pelajaran PKN :D

6. Turunin Standar dan Ikuti Rumus Milih Jurusan
Ada alasan kenapa kamu bisa pilih 2-3 jurusan/kampus di SMBPTN, salah satunya supaya kamu bisa nentuin prioritas. Kalau sebelumnya nggak lulus, mungkin karena perhitungan prioritas kamu nggak tepat.
Pilihan 1 : Jurusan Impian Kamu
Pilihan 2 : Jurusan Impian Kamu di kampus yang lebih longgar persaingannya

7. Bersiap untuk yang terburuk
Lebih baik bersiap sehingga gak kecewa saat gagal. Siapkan cadangan PT swasta dalam bidang yang kamu sukai, cek akreditasi dan profil alumninya. Datangi kampusnya untuk melihat suasana dan fasilitas kampus, juga cek dosen-dosen pengajarnya, usahakan memilih kampus yang dosennya produktif

Semoga kamu lulus SMBPTN tahun depan!


Meski cuma lewat internet

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post