Aneka Tanaman Asli Dieng yang Enak dan Unik

Yuk Share di Facebook
Cabai Gendot Dieng

Cabai super gendut dan super pedas ini asli dari Dieng lho. Kita biasanya menyebutnya cabai gendot. Tumbuh di dataran tinggi membuatnya super segar dan super pedass! Ini dia aneka tanaman asli Dieng yang enak dan unik

Dieng sebagai salah satu daerah dataran tinggi dan menawarkan pemandangan alam yang begitu indah, dieng memiliki potensi lahan pertanian yang cukup baik, terutama untuk komodotas sayur mayur (kentang ), dengan lahan pertanian yang berbukit – bukit dan dipait oleh pegunungan yang menjulang perkasa. Ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang berdebit hujan tinggi, tertinggi kedua setelah Bogor. Sudah sewajarnya Dieng dapat menjadi salah satu sentra pertanian sayur mayur di Jawa Tengah bahkan Indonesia.

kentang Dieng sedang dipanen (antarafoto)

Dataran tinggi dieng terkenal dengan produksi kentang yang melimpah. Hasil dari budi daya kentang ini biasanya dipasarkan ke perusahaan - perusahaan besar dan beberapa restoran cepat saji. Kualitas kentang Dieng yang bagus adalah alasan mengapa kentang Dieng ini dapat diminati oleh berbagai pihak.

Selain kentang ada beberapa komoditi hasil pertanian lain yang di hasilkan oleh daerah ini, beberapa di antaranya, adalah Carica, Purwaceng, Terong belanda, Cabai dieng, Jamur, dan lain – lain.




Di antara beberapa komoditi tersebut ada satu hasil pertanian yang bisa dikatakan menarik, penduduk sekitar menamainya dengan sebutan purwaceng. Purwaceng dulunya merupakan tanaman endemic di antara Dieng. Akan tetapi ketika masyarakat menemukan manfaat dari tumbuhan ini, purwaceng mulai dibudidayakan. Selain rasa yang enak, manfaatnya sebagai penambah vitalitas bagi kaum pria menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat minuman khas ini. Ketika diramu dengan minuman seperti susu atau teh, purwacengpun bisa digunakan sebagai minuman penyegar layaknya jahe.

Purwaceng


Minuman khas Dieng ini dapat dengan mudah kita temui di setiap warung yang berada di lokasi wisata Dieng. Dengan harga yang relatif terjangkau kita sudah bisa menikmati sajian khas Dieng ini, sensasi kehangatan yang cocok untuk menikmati atmosfir Dieng ketika dingin.

Carica si Pepaya Mini

Ketika Dieng mulai sedikit hangat dan minuman penghangat dirasa kurang cocok, Dieng pun memberikan tawaran khas lain.manisan carica mungkin sudah banyak di kenal orang. Hasil dari olahan “ Pepaya mini “ ini bisa menjadi sebuah alternative minuman selain purwaceng. Layaknya purwaceng,
manisan carica juga mudah di jumpai di setiap tempat wisata.

Jadi, kalau Anda jadi ke Dieng, jangan lewatkan santapan enak dan unik alami khasnya ya! (Sekar/TTW)

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post