4 Tips Anti-Sesal Mengelola Bonus Akhir Tahun

Yuk Share di Facebook

Bonus akhir tahun  kerap dianggap sebagai pendapatan tidak terduga sehingga malah diboroskan untuk hal-hal konsumtif. Sayang lho! Karena kita bisa membuatnya jadi produktif. Ini tipsnya.

Orang cenderung bersikap menggunakan uang bonus tanpa melakukan perencanaan yang matang. Bahkan sering dihabiskan untuk membelanjakan pada hal-hal yang konsumtif. Tidak ada yang salah dalam menikmati jerih payah selama bekerja setahun terakhir tapi akan lebih bijaksana bila kita dapat menggunakan uang tersebut setelah sebelumnya mengingat pada kewajiban-kewajiban yang masih harus dibayar atau menggunakan uang tersebut untuk sesuatu yang bisa lebih menghasilkan di masa yang akan datang.

1) Membuat rapor keuangan pribadi lalu lunasi utang 

Anda bisa menilai bagaimana rapor keuangan pribadi Anda terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan dua kategori untuk menilai kondisi keuangan pribadi: biru atau merah.

Yang dimaksud dengan rapor biru adalah bila beban utang yang harus dibayar setiap bulan tidak lebih dari 30% total penghasilan bulanan Anda.

Sebaliknya, bila beban utang Anda setiap bulan melebihi 30% dari total penghasilan bulanan yang Anda terima, keuangan Anda masuk rapor merah. Jika Anda termasuk orang dengan rapor merah, sebaiknya bonus akhir tahun diprioritaskan untuk membayar utang. Dengan demikian, kondisi keuangan Anda bisa masuk golongan rapor biru.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa melunasi utang sebenarnya bagian dari investasi. Melunasi utang lebih awal dari jatuh tempo dapat menolong terhindar dari beban berat seperti denda dan pembengkakan utang akibat bunga kredit.

2) Sisihkan untuk dana darurat 

Setiap keluarga wajib mengalokasikan dana darurat untuk kebutuhan dana mendesak. Misalnya ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit, kecelakaan, dan sebagainya. Karena itu, bila dana darurat Anda belum mencukupi, Anda sebaiknya menyisihkan sebagian bonus akhir tahun untuk menutupi kebutuhan dana darurat tersebut.

3) Sisihkan untuk diri sendiri

Bila pembayaran utang dan kebutuhan dana darurat sudah tercukupi, Anda boleh menyisihkan sebagian dana bonus untuk kesenangan pribadi. Nah, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan bonus akhir tahun untuk memanjakan diri Anda, baik untuk belanja atau liburan.

4) Modal investasi 

Nah, kalau semua itu sudah Anda lakukan dan masih ada sisa, silakan pikirkan ide untuk berinvestasi. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh manfaat maksimal dari bonus akhir tahun Anda. Cuma memang, Anda harus berhati-hati memilih instrumen investasi yang oke. Sering seringlah mempelajari kondisi ekonomi dan dinamika pasar modal.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post