10 Cara Agar Belanja Bulanan Lebih Hemat Lagi

Yuk Share di Facebook

Sejujurnya di hati setiap orang yang mendorong trolley penuuh belanjaan di akhir pekan, ada pertanyaan yang senantiasa belum berhasil terjawab. Bagaimana Saya Bisa Menghemat?

Setiap awal bulan ketika menghitung anggaran belanja pastinya seluruh  pasangan yang berumah tangga menginginkan bisa lebih hemat dibanding bulan berikutnya. Tapi, kenyataannya selalu terbalik malah semakin lama semakin boros. Melakukan penghematan sedikit banyak harus memerlukan kreativitas.

Menghemat belanja kebutuhan dapur bisa jadi salah satu cara menghemat pengeluaran bulanan. Bagaimana cara menghemat belanja dapur? Berikut 10 langkah yang bisa membantu dalam penghematan belanja bulanan.

1. Buat daftar menu makanan mingguan, agar kita tidak membeli bahan makanan yang akhirnya mubazir. Selain itu kita sudah tahu apa saja yang akan dibeli dan terhindar dari pemborosan karena "lapar mata" saat melihat aneka barang di display.

2. Perkirakan Kebutuhan Makanan yang Akan Dihabiskan
Perkirakan seberapa banyak makanan yang akan anda masak. Seringkali kita membuat makanan terlalu banyak.

3. Masak Sekali Saja dalam Sehari Usahakan untuk masak makanan dalam jumlah yang cukup bagi keluarga untuk tiga kali makan dalam sehari. Hal ini akan membantu anda menghemat biaya, menghemat waktu ,dan menghemat energi (listrik atau gas) yang digunakan untuk memasak.

4. Kreatif dalam Mengolah Makanan Variasikan cara mengolah makanan.

Membuat variasi cara mengolah makanan dapat mengurangi kebosanan terhadap masakan dan dapat membuat anda lebih hemat karena membeli bahan makanan dalam jumlah besar pasti lebih murah daripada beli sedikit demi sedikit.

5. Tempel catatan di kulkas, barang apa yang sudah habis, supaya saat berbelanja kita tidak melihat-lihat barang lain lalu akhirnya terlanjut membeli






6. Belanja dalam Kemasan Lebih Besar Untuk bahan makanan yang tahan lama dan sering digunakan seperti minyak goreng atau bumbu kering (ketumbar, kunyit bubuk, kayu manis, dsb) lebih murah dibeli dalam kemasan yang lebih besar (untuk stok beberapa hari) daripada membeli kemasan kecil.

7. Beli Sayur dan Buah yang Sedang Musimnya
Beberapa jenis sayur dan buah tersedia melimpah di pasar dengan harga murah pada musim tertentu. Manfaatkan momen ini untuk mendapatkan sayur atau buah segar dengan harga murah.

8. Beli produk promosi (turun harga atau buy 1 get 2), supaya bulan depan tidak perlu membeli produk itu lagi.

9. Simpan bon belanja, agar kita bisa membandingkan harga bulan ini dan bulan lalu, dan tahu saat harga sedang murah.

10. Catat belanjaan Anda sebulan, supaya kita tahu barang apa yang bikin dompet kita ‘meledak’. Kudapan? Atau produk pembersih? saatnya lebih selektif memilih produk yang masukdalam kategori ini



Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post