Yuuk, Pilih Jenis Olahraga yang Sesuai Kebutuhan Tubuh

Yuk Share di Facebook

Kita semua pasti ingin badan sehat dan bugar. Tapi tak banyak yang tahu apa sebeneranya olahraga yang tepat. Jangan asal ngikut, pastikan pilihan kamu udah pas. Semoga artikel ini membantu kamu menentukan pilihan ya!


Jogging

Saat ini jogging atau lari sudah menjadi gaya hidup masyarakat kota yang  ingin memulai berolahraga. Sudah banyak area untuk jogging yang disediakan oleh pemerintah daerah seperti banyaknya kota yang menerapkan car free day setiap minggunya. Jogging selama setidaknya satu jam per minggu dapat menambahkan beberapa tahun untuk masa hidup Anda.

Sebuah penelitian baru-baru ini mempresentasikan data yang  mengungkapkan lari pagi secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup lima  hingga enam tahun pada pria dan wanita . Spesialis jantung Dr Peter Schnohr dan  rekan-rekannya menyimpulkan bahwa antara satu dan dua setengah jam seminggu lari pagi intens cukup ideal untuk umur panjang.

Diet sehat dan olahraga teratur merupakan komponen penting dalam manajemen berat badan yang efektif. Manfaat Lari pagi secara teratur yaitu dapat  membantu membakar kalori yang nantinya membantu kita menurunkan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih serta resiko penyakit kardiovaskular mendapatkan keuntungan dari penurunan berat badan.

Tidak hanya lari pagi meningkatkan daya tahan, tetapi juga membantu Anda mempertahankan dan membangun ketebalan tulang Anda. Lari pagi juga memiliki dampak positif pada tulang belakang , pinggul dan otot di moderasi. Orang dewasa akan mengalami masalah jantung jika melakukan lari pagi melebihi ambang batas yang ditentukan untuk itu batasi sesi lari pagi 30 menit sehari, tiga kali seminggu agar manfaat jogging bisa maksimal.

Fitness

“Perlengkapan lengkap, bisa kapan saja, terdapat personal trainer”

Sebuah survei yang dilakukan oleh Fitness First pada 3000 orang responden di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, menunjukkan 59 persen dari mereka merasa tidak punya waktu sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Padahal, olahraga sebenarnya tak harus dilakukan dalam waktu lama. Walaupun sebentar, olahraga dengan intensitas tinggi tetap mampu memberi manfaat optimal, serupa dengan olahraga intensitas lebih rendah yang dilakukan dalam waktu lama.

Fitness banyak dipilih masyarakat kota yang merasa tidak memiliki banyak waktu untuk berolaharaga. Kelengkapan alat dan personal training yang ada di setiap fitness merupakan nilai tambah dari jenis olahraga ini. Terdapat jenis olaharga lari sampai kelas yoga di fitness ini seperti kita bisa memulai dengan misalnya lari, 30 detik dilakukan dengan intensitas tinggi, kemudian 30-90 menit selanjutnya dilakukan dengan intensitas rendah.

Fitness akan sangat cocok bagi kamu yang ingin membentuk badan sesuai dengan kebutuhan dan membutuhkan perlengkapan yang lengkap untuk berolahraga,

Zumba

“Santai, obat anti stress, gerakan dinamis, awet muda”

Pernah dengar tentang olahraga zumba? Ya, zumba adalah gabungan gerakan fitness dengan tarian latin seperti salsa dan merengue, yang dilakukan dalam iringan irama musik Latin.

Gerakan zumba memang terkesan santai, namun tetap tidak dilakukan secara asal. Porsi gerakan yang diadopsi oleh olahraga ini, 70% dansa dan 30% fitness. Saat melakukan zumba, kita tidak akan diajarkan gerakannya terlebih dulu, melainkan langsung mengikuti gerakan instruktur.

Gerakan-gerakan zumba terfokus pada pinggul, pinggang, dan kaki, sehingga bagus untuk pembentukan postur dan lekukan tubuh. Dan akhirnya, postur dan lekukan tubuh yang baik akan membuat kita lebih percaya diri.

Bayangkan, dengan ‘berdansa’ selama satu sesi zumba, yakni satu jam, Anda dapat membakar 400 hingga 1.000 kalori! Gerakan Zumba yang cepat dan menggunakan banyak energi membuat seluruh tubuh bergoyang, sehingga dapat membakar banyak kalori.

Untuk hasil maksimal disarankan untuk melakukan zumba 4-5 kali per minggu. “Jika rutin dilakukan, berat badan akan mudah turun,” ungkapnya. Namun, jika hanya untuk menjaga stamina tubuh, 2-3 kali per minggu sudah cukup.

Zumba juga mengontraksi semua otot. Apalagi dengan zumba toning yang menggunakan marakas atau dumbbell 1 kg. Selain itu, seperti olahraga lainnya, zumba merangsang hormon endorfin yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia. Antioksidan dalam tubuh pun terpacu. Alhasil, secara tidak langsung, zumba baik untuk anti aging.
.



Yoga 

“Meditasi, Ketenangan Jiwa dan pikiran, Bisa dilakukan dimana saja”

Jenis yoga yang perlu Anda lakukan adalah Vinyasa atau disebut atau yoga aliran. Yoga tipe ini didasarkan pada serangkaian pose yang disebut “salam matahari” (sun salutations).

Vinyasa mencakup banyak gaya yoga populer untuk tujuan penurun berat badan, diantaranya adalah:

• Ashtanga

Ashtanga Yoga adalah gaya dengan manfaat sebagai penurun berat badan. Ashtanga biasanya diperuntukkan bagi yogi yang berdedikasi, mengingat latihan yang cukup berat. Keuntungan lain, sekali Anda mempelajari Ashtanga Yoga, Anda akan selalu dapat mengulang atau melakukan sendiri latihan di rumah.

• Power Yoga

Power Yoga sangat populer karena memberikan latihan kardiovaskular yang sangat intens.

• Hot Yoga

Hot Yoga merupakan jenis latihan Vinyasa Yoga yang dilakukan dalam ruangan bertemperatur hangat sehingga menjamin Anda akan berkeringat.Perlu diketahui bahwa jika Anda baru memulai melakukan yoga, terutama saat masih kelebihan berat badan, lakukan latihan secara bertahap dan tidak dalam porsi berlebihan

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post