10 Tips Penting Travelling bersama Anak-anak

Yuk Share di Facebook


Walau anak-anak masih kecil, bukan berarti mereka tidak bisa kita ajak travelling. Memang pasti lebih rumit dari travelling sendirian atau bersama teman-teman, tapi bukan berarti tidak mungkin, Yuk cek tips travelling bersama anak-anak ini. Let's Go!


  • Tentukan Anggaran dan tingkatkan jumlah tabungan. Setiap melakukan perjalanan pasti hal pertama yang perlu dipikirkan adalah masalah anggaran, apalagi kalau mengajak anak-anak. Mulailah tambah isi tabungan supaya lebih leluasa saat berwisata. Bisa dengan berdagang, atau berhemat seperti membawa bekal ke kantor, mengurangi makan di luar, mengurangi agenda nyalon, bahkan membawa kopi sendiri ke kantor daripada mampir ke gerai kopi.
  • Diskusikanlah tujuan liburan dengan matang. Libatkan anak-anak dalam menentukan tujuan liburan, tapi terlebih dahulu buatlah pilihan bagi mereka yang sudah Anda dan pasangan pertimbangkan dari sisi kondisi tempat liburan dan budget.
  • Posisikan popok dengan strategis di pesawat. Daripada harus bolak balik mengambil tas di atas kabin untuk berganti popok, ada cara lain yang lebih strategis yakni pisahkan popok dalam satu kantung plastik beserta tikar ganti popok, dan juga tisu bayi. Pindahkan semua majalah dalam penerbangan ke salah satu kantong kursi di sebelah Anda. Ketika tanda sabuk pengaman sudah dimatikan, Anda dapat langsung ke kamar mandi sebelum orang lain mendahului.
  • Bawa baju anak-anak dalam jumlah berlebih. Kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi degan anak-anak, mereka bisa saja tiba-tiba muntah atau ketumpahan makanan. Hal ini tak akan jadi masalah besar kalau baju cadangan untuk mereka sudah dipersiapkan.
  • Bawalah mainan dan buku yang unik dan anak-anak belum pernah lihat sebelumnya. Tujuannya agar anak-anak tidak bosan di perjalanan, apalagi kalau hal tersebut belum pernah mereka lihat sebelumnya. Untuk anak berusia 10 bulan hingga 1 tahun , mereka akan tertarik pada mainan yang berbunyi dan menyala, sedangkan di atas 1 tahun bisa tertarik saat dibacakan buku atau bermain sediri degan boneka atau mobil-mobilan kecil


  • Bawa selalu tisu basah. Anak-anak selalu punya alasan untuk menjadi kotor, entah tangan memegang makanan atau aneka benda, sampai muntahan. Tisu basah selalu berguna, jadi pastikan ada dalam tas Anda.
  • Bawalah stroller bayi bila Anda membawa balita. Tidak semua tempat memperbolehkan stroller, jadi perhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi apabila Anda ingin membawanya. Stroller akan sangat menghemat tenaga saat travelling apalagi kalau perlu berjalan jauh.
  • Bawalah makanan sendiri. Bepergian ke tempat baru belum tentu menyenangkan bagi lidah anak, karenanya lebih baik membawa makanan sendiri yang pasti cocok dengan selera anak, Anda bisa membawa makanan ringan atau makanan berat yang memang tahan lama tanpa perlu pendinginan seperti rendang yang tidak pedas.
  • Ajari anak bertanggungjawab dengan barangnya. Bila anak sudah cukup besar, mereka bisa membawa bawaannya sendiri. Siapkan koper atau tas punggung mereka masing-masing dan mereka boleh membawa barang kesukaannya di dalam tas itu. Biarkan mereka bangga karena telah bertanggungjawab, tugas Anda juga jadi lebih ringan
  • Jaga ritme dan rutinitas. Pilih maskapai penerbangan yang sudah familiar dengan anak, selain itu pastikan juga jadwal tidur dan makan mereka tetap terjaga agar mereka tidak menjadi cemas dan gelisah.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post