Wow! Ini Dia Tips Agar Nasi tidak Cepat Basi Menurut Ilmu Fisika

Yuk Share di Facebook

Belakangan ini ramai beredar di social media tentang analisis fisika terhadap kebiasaan mengaduk nasi setelah nasi matang. Menurut Mikrajuddin Abdullah, yang memposting foto tersebut, inilah mekanisme yang terjadi sehingga nasi tidak cepat basi kalau diaduk sesudah matang.



"Istri saya selalu mengaduk nasi dalam rice cookes setelah nasi matang. Kalau tidak diaduk, nasi akan cepat basi. Mengapa demikian? Karena setelah nasi matang, masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi. Air akan keluar melalui proses penguapan (difusi) dan prosesnya lama. Persaman difusi sama dengan persamaan suhu pada posting sebelumnya.

Akibatnya, kalau nasi tidak diaduk, maka air terperangkap cukup lama dalam nasi dan dapat menyebabkan nasi cepat basi.

Jika nasi diaduk (dihamburkan) setelah matang, maka kita membuat ruang kosong antara butiran nasi. Ruang kosong tersebut memudahkan air yang terperangkap di bagian dalam menguap keluar. Ini serupa dengan material berpori di mana gas mudah melewatinya. Dengan demikian, jumlah air yang terperangkap dalam nasi berkurang dan nasi bisa awet cukup lama (tidak cepat basi)."


Nah, kini kita tahu alasan ilmiah di balik kebiasaan para orangtua untuk meng"akeul" nasi setelah masak. Selain nasi tidak mudah basi, pengadukan nasi juga mengubah struktur gula di dalam nasi sehingga mengurangi resiko diabetes.

Siap mencoba?

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post