Ngeri! Inilah Bus-bus Transjakarta yang Meledak dan Terbakar Hangus Sejak 2011-2014

Yuk Share di Facebook
Bus Transjakarta Meledak dan Hangus di Halte alAzhar (foto : detiknews)

Lagi-lagi Bus Transjakarta meledak. Peristiwa terakhir terjadi  di dekat Halte Al Azhar, Kebayoran Bayu, Jakarta Selatan pada hari Kamis Pagi, 28/8/2014. Peristiwa ini menimbulkan keresahan bagi masyarakat, apalagi ini bukan kali pertama. Inilah beberapa peristiwa ledakan Transjakarta yang pernah terjadi.


Halte Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 28/8/2014


Busway hangus hingga tinggal rangkanya. Halte juga mengalami kerusakan

Ledakan bus Transjakarta di halte Al-Azhar terjadi saat armada merapat ke halte pukul 7.35 WIB. Berdasarkan keterangan petugas busway, Wika Arya, saat itu sedang proses naik turun penumpang. Tiba-tiba terdengar suara ledakan disertai api, para penumpang segera turun. 

Menurut Wika, ledakan terjadi sekali dari belakang di antara ban mesin. Seluruh penumpang sejumpalh 20 orang berhasil dievakuasi sehingga tidak ada korban jiwa. Petugas pemadam kebakaran telah berhasil memadamkan api di armada dan separuh bodi halte yang ikut terbakar.

Bus Transjakarta Meledak dekat SPBU di Jl. Gajah Mada, Jakarta Pusat, 18/2/2014


Transjakarta meledak di Jl. Gajah Mada, 18/2/2014 . foto : detiknews
Pada tanggal 18 Februari  2014 Sebuah bus gandeng TransJakarta yang baru satu tahun beroperasi meledak di depan SPBU yang ada di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Kejadian ini berlangsung pukul 09.35. Seluruh penumpang segera berhamburan keluar dibantu warga sekitar sehingga tidak ada korban jiwa.

Bus Trans Jakarta Meledak di Rawamangun, 24/1/2014

Bus Transjakarta meledak di Rawamangun, 24/1/2014. foto : tempo

Petugas pemadam kebakaran tampak tengah berusaha memadamkan api yang membakar bus Transjakarta di jalan Pemuda, Jakarta (24/1). Bus Transjakarta bernopol B 7496 IX jurusan Pulogadung-Dukuh Atas tersebut terbakar diakibatkan air radiator yang kering dan tidak mengakibatkan korban jiwa. 

Ban Bus Trans Jakarta Menggelinding di Jl. Pramuka Matraman, Jakarta Timur. 26/12/2013

ban bus Transjakarta menggelinding hingga 10 m ke tepi jalan (26/12/2013)

Peristiwa ini terjadi saat penumpang sedikit sehingga bus tetap stabil dan tidak ada korban jiwa. Bus Transjakarta dengan pelat nomor B 7489 IX yang melayani penumpang di koridor IV Pulogadung-Dukuh Atas mengalami copot ban belakang kiri saat melintas di kawasan Matraman, Jakarta Timur. Ban sempat menggelinding sejauh 10 meter. Sebenarnya, Pramudi armada ini, Nunung, sudah merasakan ketidaknyamanan di bagian belakang busa sejak berangkat dari pangkalan, namun bus tetap digunakan.

Bus Trans Jakarta Meledak di Dekat Istana Presiden, Harmoni, Jakarta Pusat. 16/6/2013

Bus TransJakarta yang meledak di dekat halte Harmoni. Foto : Nonstop

Pada tanggal 16 Juni 2013, Bus Transjakarta yang sedianya akan berputar untuk kembali mengambil penumpang di Halte Harmoni, Jakarta Pusat tiba tiba meledak. Ledakan keras terdengar dari halte. Menurut petuga busway, Bambang Wisnu Adi (31), sebelum terbakar asap muncul dari bagian belakang (mesin). Saat disemprot dengan tabung pemadam kebakaran, tiba-tiba mesin meledak dan mengeluarkan api. Tidak ada korban jiwa dalam ledakan ini.









Bus TransJakarta Blok M-Kota meledak di Semanggi , 5 November 2012
Busway Trans Jakarta Blok M-Kota Meledak 5/11/2012 . foto : tribunnews
Trans Jakarta jurusan Blok M - Kota terbakar, Senin (5/11/2012) pukul 19.30 wib di bawah kolong semanggi. Menurut keterangan Ismail, Pengendara TransJ, terlebih dahulu tercium bau sangit disusul percikan api dari bawah dashboard. Ismail dan kru Trans Jakarta langsung mengevakuasi penumpang yang saat itu dalam keadaan penuh. Dua unit damkar diturunkan untuk memadamkan api. Bus damkar terbakar hangus.

Bus Transjakarta Meledak di Jatinegara , Jakarta Timur. 1 November 2012

Bus Trans Jakarta Meledak di Jatinegara, Jaktim 2012 (foto : vivanews )

1 November 2011, sekitar pukul 06.30, bus TransJakarta Koridor V jurusan Kampung Melayu-Ancol terbakar di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur.

Bus Transjakarta Terbakar di Grogol, 1/8/2011

Petugas pemadam sedang mendinginkan Busway ( foto : vivanews)
Bus Transjakarta terbakar di dekat lampu lalulintas Grogol menuju Roxy, Senin 1 Agustus 2011. Menurut informasi Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, bus  Transjakarta B 7024 IX itu terbakar sekitar pukul 8.30 WIB. Transjakarta koridor III jurusan Kalideres-Harmoni itu terbakar di bagian belakang. "Tidak ada korban, semua penumpang berhasil dievaluasi," kata petugas TMC Briptu David kepada Vivanews

Bus Transjakarta Meledak di Jalan Matraman Raya, 23/5/2011


Satu bus TransJakarta gandeng Koridor V (Ancol-Kampung Melayu) terbakar di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Senin (23/5/2011). Bagian belakang bus gandeng ini hancur. (Foto - Pool)

Bus Transjakarta Meledak saat Mengisi Gas di SPBU Pinangranti, Jakarta Timur (20/10/2011)

Bus Transjakarta tiba-tiba meledak saat pengisian BBG (21/10/2011)

Bus TransJakarta tiba-tiba meledak saat pengisian BBG. Tiga orang luka-luka dalam peristiwa ini  Melinda, pramudi; Yusak, pramudi cadangan; dan Sugiarto, petugas SPBBG Stasiun Pinangranti.





Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post