Aduh, Hati Teriris Melihat Anak-anak Kecil yang Kecanduan Rokok Ini

Yuk Share di Facebook

Merokok adalah kebiasaan yang sudah banyak ditinggalkan di berbagai negara di dunia, tapi yang terjadi di Indonesia kebalikannya. Di negeri ini 60% pria secara rutin menghisap rokok. Michelle Siu, fotografer asal Kanada ikut prihatin dengan hal ini dan mengabadikannya dalam serial foto yang ia beri judul "Marlboro Boys"


Siu sangat prihatin saat mengetahui fakta bahwa saking banyaknya perokok di Indonesia, bahkan anak-anak berusia 4-5 tahun ada yang sudah mulai merokok. "Konsumsi tembakau di Indonesia adalah permasalahan yang pelik karena mempengaruhi negara ini secara budaya, politik dan ekonomi. Tak sampai 10 langkah Anda berjalan, Anda akan temui iklan rokok, atau orang yang merokok", Ujar Siu.

Ekonomi Indonesia juga cukup bergantung pada Industri tembakau. Banyak orang di Indonesia yang hidup sebagai petani tembakau. Para perokok juga akan dengan mudah ditemui di lingkungan sekitar sehingga anak-anak di usia yang sangat dini sudah mengetahui tentang rokok. Sekian banyaknya dana yang mengali dari industri rokok menyebabkan peraturan di Indonesia tentang rokok juga sangat longgar, misalnya perokok bisa dengan santai merokok di angkutan umum saat mereka berangkat atau pulang sekolah.

Melalui foto-foto hasil jepretannya, Siu merefleksikan hilangnya kepolosan bocah pada anak anak "Marlboro Boys" ini. "Mereka menghisap dan menghembuskan rokok seperti kakek tua yang sudah merokok bertahun-tahun--bahkan beberapa dari mereka menghisap dua pak rokok sehari sejak mereka masih sangat kecil"

Inilah sebagian foto "Marlboro Boys" karya Michelle Siu yang dimuat di Time.com 

Ilham Hadi saat ini duduk di kelas 3 SD. Ia merokok lebih dari dua pak sehari sejak berusia 4 tahun. Ilham tinggal di daerah Sukabumi, Jawa Barat (foto : Michelle Siu)


Ilham Hadi saat berpose menghisap rokok sementara di depan pintu adiknya ikut melihat (Foto : Michelle Siu)


Illham Muhamad sudah  merokok sejak berusia lima tahun. Dalam foto ini Ilham menghisap rokok pertamanya hari itu dengan sangat dalam. Ilham tinggal di rumah neneknya. Ia tak mau bersekolah dan apabila neneknya tidak memberinya uang untuk membeli rokok, Ilham akan menangis dan melempar barang-barang (Foto : Michelle Siu)

Eman berpose saat ia menghisap rokok sambil menenteng plastik berisi minuman berwarna di Jakarta Timur, 12 Februaru, 2014 (Foto : Michelle Siu)






Ompong, sedang berpose menghisap rokok di daerah Jakarta Selatan, 12 Februari 2014 (Foto : Michelle Siu)
Anak-anak sekolah bisa dengan santai menghisap rokok di kendaraan umum. Di Indonesia, tidak ada hukum yang tegas melarang mereka melakukannya. (Foto : Michelle Siu)
Rian tengah berpose sedang merokok di suatu daerah di Jakarta Timur, 12 Februari 2014 (foto : Michelle Siu)

Andika Hadi tengah merokok di depan warnet di suatu tempat di Depok, Jawa Barat (foto : Michelle Siu)

Dihan Muhamad. Ia biasa menghisap dua pak rokok atau lebih dalam sehari. Ia berpose untuk pemotretan sementara ibunya tengan menyusui adiknya di rumah mereka di sebuah desa dekat kota Garut pada bulan Februari tahun 2014 (Michelle Siu)



Pukul 7 Pagi, Dihan Muhammad akan menghisap rokok pertamanya sebelum berangkat sekolah.Saat ini Dihan duduk di kelas 1 SD (foto:Michelle Siu)
Dihan Muhammad merokok di dalam rumahnya di sebuah desa di Garut, Jawa Barat (foto:Michelle Siu)

Share this post

Post a comment

  1. saya mau share artikel.di atas via Facebook..... kok nda bisa yaa....???

    ReplyDelete

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post