Inilah Sepak Terjang Mempesona Ridwan Kamil, Walikota Terbaik Dunia 2014


Yuk Share di Facebook
Ridwan Kamil, Walikota Terbaik Dunia 2014
Tahun 2014 ini seorang putera Indonesia menorehkan tinta emas di kancah dunia. Walikota Bandung Ridwan Kamil terpilih menjadi salah satu wali kota terbaik di dunia. Ridwan terpilih bersama 11 wali kota lainnya dalam Forum Young Leader Sumposium World Cities Summit di Singapura yang digelar pada 31 Mei – 5 Juni 2014. Inilah sepak terjangnya selama 8 bulan memimpin Kota Bandung





Berdasarkan pemberitaan vivanews.com, Wali kota yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mendapat kesempatan berpidato dan mempresentasikan sistem kepemimpinannya di hadapan 400 pemimpin muda dan wali kota se-dunia. Dia berharap terobosannya selama memimpin Kota Kembang itu bisa dijadikan inspirasi bagi wali kota lain di dunia.

Di hari pertama forum terbaik di dunia itu, Ridwan yang berlatar belakang arsitek ini mempresentasikan terobosan baru selama delapan bulan dirinya memimpin Kota Bandung dengan sistem kolaborasi dengan warga, komunitas, dan seluruh perangkat kota seperti kepolisian, TNI, dan kejaksaan.

Bukan hanya itu, Ridwan juga menularkan cara efektif melalui media sosial untuk berinteraksi langsung dengan warga Bandung dan aparat pemerintahan sehingga rapat tidak perlu digelar setiap hari. Dengan melalui media sosial Twitter, pejabat pemerintahan bisa membicarakan masalah dan penanganan Kota Bandung.

Untuk mendukung programnya, Ridwan Kamil yang akrab juga disebut RK ini menghidupkan 4000 titik wi fi hot spot di seantero Bandung. RK juga mencanangkan banyak program yang nyata seperti dimuat di page facebook resmi Ridwan Kamil Untuk Bandung berikut ini
.
berpidato di hadapan walikota seluruh dunia dalam World Cities Summit Mayor Forum 2014
RIDWAN KAMIL DAN MEDIA SOSIAL

Ridwan Kamil berusaha untuk melebur dengan masyarakat dan mendengarkan keluhan mereka melalui media sosial. Selain secara rutin meng-update kebijakan kota lewat page facebook Ridwan Kamil untuk Bandung, RK juga aktif mengelola akun twitternya. Akun twitter RK jauh dari kesan menjaga jarak dengan rakyat, justru menghibur dengan candaan candaan yang natural.

akun twitter ridwan kamil yang responsif dan menghibur


situs dan hotline untuk pengaduan warga

Menyadari warga Bandung sekarang melek berinternet, pihak pemkot membuat situs khusus untuk pengaduan yang mudah diakses warga. Sejauh ini, Pemkot responsif dalam menanggapi keluhan-keluhan warga mulai dari jalan yang rusak sampai pelayanan administrasi publik



KAMPANYE HARIAN UNTUK WARGA
meningkatkan animo penggunaan angkutan publik dengan program senin gratis
Setiap Senin, para pelajar gratis menggunakan angkutan umum Bis Damri segala jurusan. Bis Damri meripakan moda angkutan publik yang sangat dominan di Bandung selain angkot. Inilah ajakan RK di page resminya kepada warga untuk memanfaatkan program #seningratis

"Selamat pagi warga Bandung, tetap semangat menjalani aktivitas. Jangan lupa berdoa dan bersyukur atas apa yang sudah diraih. Untuk para pelajar berseragam, jangan lupa hari ini #SeninGratis naik bus Damri ke segala jurusan"



Berkeliling dari sekolah ke sekolah menjadi pembina upacara setiap senin untuk memberi semangat bagi para pelajar

Setiap kamis, warga diajak untuk menggunakan bahasa inggris
Dengan tekun, setiap kamis melalui berbagai akun media sosial miliknya RK mengajak warga untuk bicara dalam bahasa Inggris, seperti ajakannya dalam page facebook berikut

"Don't forget today to practice English for better tomorrow. Next year is open market of Asean Community 2015. Today also a free bus day for students in Bandung. Enjoy and let's reduce traffic. #KamisInggris"


Hari Selasa juga dicanangkan sebagai hari tanpa rokok. Warga diajak turut menyayangi Bandung dengan aksi solusi mulai dari diri sendiri. Berhenti meniupkan asap rokok ke udara Kota Bandung berarti warga juga menyehatkan diri sendiri.

"Selamat pagi, semoga hari ini produktif. Mari latihan sehari bebas asap rokok. Sayangi Bandung dengan aksi solusi dimulai dari diri sendiri. #SelasaTanpaRokok" , demikian sapaan RK di salah satu status facebook.

Gerakan mengembalikan bahasa dan budaya Sunda di kehidupan warga Bandung #rebonyunda


selalu bersepeda menuju kantor dan melakukan aneka aktivitas lainnya di dalam kota

mencanangkan program #jumatsepeda untuk mengurangi beban jalan dan polusi

program bersepeda ke sekolah

Sejak awal masa kepemimpinannya, RK melakukan hal yang tidak lazim yakni bersepeda menuju kantornya. Wartawan pernah juga menjepret RK yang sedang terjebak kemacetan saat RK bersepeda. RK konsisten menunjukkan kebanggaannya bersepeda di tiap event hingga akhirnya diluncurkanlah program #jumatbersepeda yang disambut sangat hangat oleh masyarakat Bandung.

di gambar bawah terlihat anak-anak sekolah di SD Cempaka Arum mulai banyak yang bersepeda


KEBIJAKAN-KEBIJAKAN BARU UNTUK WARGA BANDUNG


Aa Gym di depan 2000-an PKL Monumen Perjuangan ceramah tentang ketaatan aturan dan rizki yang barokah. Saat itu dilaksanakan undian tempat dagang.
Ridwan Kamil melakukan relokasi dan penertiban PKL dengan cara yang persuasif. Salah satunya adalah dengan merangkul alim ulama yang menjadi sosok yang dihormati sebagian besar warga Bandung.

Kota pertama yang yang teken komitmen anti gratifikasi
 KPK merangkul Kota Bandung sebagai kota yang pertama kali meneken komitmen anti gratifikasi. Tentu bukan hal mudah mengingat gratifikasi adalah hal yang sangat lumrah, tapi komitmen ini menunjukkan tekad yang sangat baik.

culinary night diadakan di berbagai kecamatan untuk meratakan aktivitas kota

lengkong culinary night
Culinary Night adalah event yang istimewa bagi masyarakat Bandung. Sebelumnya, hanya Braga yang menjadi tempat untuk acara ini tapi kini terseb di beberapa titik di Kota Bandung. Ini adalah upaya yang baik untuk memeratakan kepadatan  kota sekaligus meningkatkan aktivitas ekonomi kota Bandung.

akte kelahiran gratis
Launching konsep jemput bola, yaitu rutin hadir dan mencetak akte kelahiran di rumah-rumah sakit bersalin di seluruh kota Bandung. Gratis tentunya. Sehingga warga tidak usah capek-capek mengantri ke kantor Disdukcapil. 

Mencanangkan Bandung Agri Market untuk memberi dukungan pada petani lokal

Launching Bandung Agri Market di Car Free Day Dago. Acara rutin bazar sayuran/buah dari petani lokal seputaran Bandung lengkap dengan musik dan kuliner. Bandung Agri Market ini akan hadir festive di 30 kecamatan. Ini bagian dari strategi ekonomi untuk program Bandung Urban Farming.



Menerima penghargaan untuk program pendidikan dari UPI
RK mendapat penghargaan untuk progres reformasi pendidikan dari UPI. Dari 16 program reformasi, beberapa sudah berlangsung: Moratorium pungutan, kolaborasi rencana pendidikan dengan civil society, bis sekolah gratis, lelang terbuka kepala sekolah, rapot Kepala Sekolah, PPDB online, sistem cluster dihapuskan dll.



membahagiakan masyarakat prasejahtera dengan makan malam bersama
Setiap sebulan sekali, RK beserta istri dan tim pemkot mengadakan makan malam bersama keluarga prasejahtera. Selain makan malam, mereka juga diberi bantuan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan happiness index warga Bandung

mencari titik titik mata air baru
Sabtu pagi bersemangat di bulan April 2014. Ridwan Kamil  bersama relawan Jaga Seke hunting mencari sumber-sumber mata air di wilayah kota Bandung. RK juga menyampaikan pesan di halaman facebooknya sebagai berikut, "Bagi warga Bandung yang punya informasi di wilayahnya terkait mata air/seke yang terbengkalai bisa segera laporkan ke BPLH kota Bandung untuk kita restorasi dan lestarikan. Relawan Jaga Seke baru menemukan 40an mata air."

Bersama Park Ranger Kota Bandung
Sambil berkelakar, Ridwan Kamil mengungkapkan dukungannya pada para Pak Ranger, "Menyemangati para Park Ranger Bandung. Warga Bandung mari hormati mereka dengan tidak nyampah di taman ya. Pesan mereka: "buanglah sampah pada tempatnya dan buanglah mantan pada temannya"




penyegelan minimarket tanpa ijin



Pemkot  menyegel bisnis-bisnis ilegal. Ini adalah minimarket yang sudah dimoratorium sejak 2012. Menurut RK, yang lainnya akan menyusul.








KEBIJAKAN TERKAIT ARSITEKTUR DAN TATA KOTA


26 Mei gedung BI resmi terdaftar menjadi salah satu bangunan heritage Bandung. Dalam akun resmi facebook RK menyampaikan pesan berikut, "Semoga bangunan heritage lainnya bisa sama seperti bangunan Bank Indonesia, yang terawat dan bisa menjadi tujuan wisata turis. Kita akan berupaya menjaga bangunan-bangunan bersejarah"


RK ikut mengarahkan pemilihan desain terbaik untuk renovasi dan perluasan bandara Husein Sastranegara. Insya Allah bulan Juli 2014 mulai konstruksi. Target setahun kemudian selesai.



Desain Ridwan Kamil untuk pintu gerbang kota cimahi 
Negosiasi untuk memperoleh area hutan kota yang baru
di Bulan April 2014, Ridwan Kamil mengadakan rapat dengan PT KAI untuk memanfaatkan area eks pergudangan PT KAI sebagai hutan kota seluas 10 ha. Tentu saja, RK menaruh perhatian serius pada desain taman ini. Menurut RK desainnya akan berupa gabungan Central Park New York dan KLCC Kuala Lumpur

RIDWAN KAMIL DI DEPAN PEJABAT PEJABAT NEGARA LAIN

Selain bekerja efektif dan kreatif, RK juga menunjukkan kepiawaiannya berdiplomasi dengan perwakilan negara lain. Dengan percaya diri, RK mengajak perwakilan-perwakilan negara tersebut untuk menanam investasi di Kota Bandung

Menerima departemen ekonomi kedutaan Prancis untuk membahas Bandung Urban Mobility Project pada bulan April  2014. Proses sedang di tahap study, mencari integrasi sistem terbaik untuk Bandung.
Rapat kerja dengan Walikota Seoul , Mei 2014. Penyusunan tim kerja untuk Bandung-Seoul terkait dengan bantuan revitalisasi sungai-sungai Bandung dan pendaftaran Bandung di jaringan e-government dunia, di mana Seoul sebagai ketuanya.

Ridwan Kamil dengan Dubes Amerika. Karena saat itu hari #rebonyunda, Sang Dubes pun mengenakan iket sunda di kening. Rombongan Dubes Amerika juga membawa serta perwakilan dari microsoft, intel, cisco, dan disney

WARGA YANG TERTULAR KREATIVITAS RK

Pelan-pelan, wargapun mulai unjuk partisipasi aktif dalam pemerintahan, misalnya dalam gambar-gambar di bawah suasana TPS saat pemilu aleg 2014. Saat itu RK menantang warga untuk membuat TPS Kreatif. di Foto bawah, anak-anak juga ikut serta menyukseskan gerakan Rebonyuda

TPS Kreatif saat Pemilu Legislatif di Bandung

TPS Kreatif saat Pemilu Legislatif di Bandung

TPS Kreatif saat Pemilu Legislatif di Bandung

anak anak dari bayi pun merasa senang mengenakan iket kepala untuk menyukseskan gerakan #rebonyunda

Seluruh Foto dalam artikel ini bersumber dari Fanspage resmi Ridwan Kamil untuk Bandung, kunjungi Page tersebut untuk mendapatkan update terbaru kebijakan-kebijakan kota bandung

Share this post

Post a comment

  1. bangga punya walikota Ridwan Kamil :D

    ReplyDelete
  2. mangtap ridwan kamil, lur.. ga sia sia sy pilih kang ridwan

    ReplyDelete
  3. Ini baru hebat.. Salut buat kang Ridwan Kamil.. =)

    ReplyDelete
  4. Walikota bandung, tokoh favorit saya...
    Congrats sir....

    ReplyDelete
  5. Abdi warga sukabumi hoyong ngagaduhan pemimpin kos pak ridwan kamil.......

    ReplyDelete
  6. Abdi warga sukabumi hoyong ngagaduhan pemimpin kos pak ridwan kamil.......

    ReplyDelete
  7. Saya Senang bisa menulis dan berbagi melalui room ini. Sobat... dulu, saya seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, tapi namanya cobaan, dan gampang percaya ke semua orang, dan akhirnya saya ditipu dengan rekan bisnis sendiri dan saya harus menaggung hutang yang jumlahnya ratusan juta. Terus terang saya hampir putus asa. Karena saya memikirkan masa depan anak saya yg msh kecil sehingga sy bisa bertahan,dan ditengah tagihan hutang yg menumpuk dan demi makan sehari hari saya terpaksa suami saya jualan nasi bungkus keliling, dan pada akhirnya tagihan dari Bank jatuh tempo jaminan sertifikat rumah sy satu2nya harta yg sy miliki dan hrs sy perjuangkn.disinilah sy curhat tentang nasib sy dgn seorang tmn dan memperkenalkan sy dgn sosok seorang ki.Ageng, Alhamdulilah dengan perantara beliau saya bisa menata usaha saya dan hutang sy sudah terbayar semua. Jujur awalnya saya ragu tapi karena bnr2 kepepet krn tagihan bank akhirnya sy meyakinkan diri. Subahanallah hanya dalam waktu singkat sy bisa menyelesaikan hutang sy totalnya 700juta. Secara logika tidak masuk akal tp inilah kenyataanya. dan Saya berani sumpah tuju turunan tidak selamat dunia akhirat klu sy tidak menikmati hasil metode ki.Ageng. atau disini ada yg sprt sy, silahkan di buktikan sndiri dan langsung kunsultasi dgn KI.Ageng di No +62812-4576-7849. Di JAMIN AMAN (terimaksih KI.Ageng saya tidak akan melupakan jasa dan amanah ki.Ageng agar lebih banyak orang bergabung dan bisa menyisihkan sebagian dr hasil kesuksesanya untuk pedepokan Ki.Ageng. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI.Ageng di jamin aman dan cepat

    ReplyDelete

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post