Aksi Wimar Witoelar Posting Foto "Kebangkitan Orang-orang Jahat" Dikecam Luas. Wimarpun Minta Maaf.

Yuk Share di Facebook
capture postingan wimar "gallery of rogues..kebangkitan bad guys"

Dengan menggunakan identitas Pendukung Capres No.2, Wimar Witoelar dalam akun twitter dan facebooknya memuat gambar yang menghebohkan. Wimar memberi judul foto itu Gallery of Rogues..Kebangkitan Orang-orang Jahat, sementara di dalamnya ada foto foto alim ulama bahkan organisasi Islam besar di Indonesia


KRONOLOGI

Wimar witoelar yang pernah menjabat sebagai juru bicara kepresidenan di era Abdurrahman Wahid tengah menuai kontroversi di dunia maya. Masalahnya, Wimar memposting gambar Prabowo beserta pendukungnya seraya meletakkan sejumlah foto teroris berada di balik pendukung Prabowo-Hatta dan ormas-ormas itu. Antara lain Ali Imron, Imam Samodra, Amrozi, Osama Bin Laden. Selain itu juga ada foto Presiden RI kedua Soeharto. Tak lupa Wimar memberi judul yang cukup tajam pada gambar itu, yakni

"Gallery of Rogues - Kebangkitan Bad Guys (Orang-orang Jahat)" (Wimar, 15 Juni 2014 05.00 PM)
Sehari kemudian melalui akun twitternya, Wimar melakukan klarifikasi bahwa ia "hanya" meneruskan gambar. Gambar tersebut sudah banyak diposting orang lain sebelum ia mempostingnya.


PROTES ORMAS

Banyak yang memprotes gambar tersebut di halaman facebooknya, tapi Wimar masih bergeming sampai akhirnya protes semakin deras dan datang dari berbagai lembaga.

 Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam menyatakan bahwa hal tersebut "Sangat provokatif dan menyebarkan kebencian," Ini disampaikan saat berbincang dengan detikcom, Kamis (19/6/2014). Niam menyesalkan aksi Wimar. Dia mengatakan, di saat situasi panas akibat kontestasi pilpres, seharusnya tokoh-tokoh menjaga kondisi tetap damai dengan tindakan dan pernyataan yang sejuk. "Bukan justru menambah bara api dengan membawa jeriken bensin provokasi," ujarnya seperti dikutip detikcom

Sementara itu Jubir Hizbut Tahrir Indonesia yang dikenal tidak menganjurkan anggotanya untuk Pemilu justru mengatakan bahwa gambar itu adalah cermin ketidakfahaman Wimar akan konstelasi politik yang ada. Ketua Lajnah Faaliyah DPP HTI Muhammad Rahmat Kurnia menyatakan bahwa tindakan Wimar masuk dalam wilayah kampanye hitam. "Dia tidak paham dengan peta politik yang ada. Konstelasi politik sejauh ini dia gak ngerti. Intinya kalau saya lihat dia tidak suka Prabowo dan Orde Baru. Itu masuk kampanye hitam," ujarnya seperti dikutip detikcom.



TERANCAM DILAPORKAN KE BAWASLU

Sementara itu, Tim Pemenangan Prabowo-Hatta berencana membawa kasus ini ke Bawaslu. Rencananya, pelaporan Wimar ini dibarengi dengan black campaign di Bekasi soal penyebaran berita negatif tentang Prabowo dengan buku.

 "Enggak tahu lah maksudnya itu apa. Kita pun sudah capek dengan begini-ginian. Maksudnya Wimar itu apa?," ujar Rahman dengan kesal saat dihubungi detikcom, Kamis (19/6/2014).

Rahman yang juga Ketua DPP Gerindra Bidang Advokasi itu menegaskan, Wimar mesti mengklarifikasi dan segera meminta maaf. Dia berharap deklarasi kampanye damai mesti dihormati oleh kedua pihak kubu capres dan cawapres. Meskipun dia tidak mengetahui posisi Wimar di kubu timses Jokowi-Jusuf Kalla.

"Hormatin dong. Jangan buat yang enggak-enggak. Itu bisa fitnah bawa ormas-ormas yang enggak ada sangkut pautnya," sebutnya.

Terkait posisi Wimar di Timses Jokowi-JK,  Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo menampik peran wimar dalam Timses Jokowi JK "Yang saya tahu tidak masuk Tim Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla," Detikcom, Kamis (19/6/2014).

Lebih serius lagi, Pihak Gerindra mengancam akan mempidanakan Wimar. "Itu dalam bahasa Inggis sangat kasar. Ini masuk ranah pidana," ujar Sekretaris Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Fadli Zon di Lapangan Leuwiliang, Bogor Barat, Kamis (19/6/2014).

Internal tim Prabowo-Hatta akan melakukan pengkajian. Selanjutnya melaporkan Wimar ke pihak berwajib.

"Kalau dia yang menyebarkan, kami akan ambil tindakan pidana ke Wimar, kan dia mengatakan bad guys. Wimar kebablasan. Harus mendapatkan ganjaran hukum setimpal," katanya (detikcom)

MAKNA JUDUL FOTO YANG DIBERIKAN WIMAR

Ditilik dari terjemahan kamus online oxford dictionary, berikut adalah definisi dan padanan kata "bad guys"


the bad guys
wicked, evil, sinful, immoral, morally wrong, corrupt, base, black-hearted, reprobate, amoral; criminal, villainous, nefarious, iniquitous, dishonest, dishonorable, unscrupulous, unprincipled
INFORMAL crooked, dirty (sumber)

Sementara "Gallery of Rogues" bermakna kumpulan foto-foto prilaku kriminal

 a rogues' gallery (= a collection of pictures of criminals) (sumber)

Perkembangan yang kian serius dan tekanan dari media sosial tampaknya membuat Wimar Witoelar mengambil langkah bijaksana dengan meminta maaf pada hari ini ( 19 Juni 2014)


permintaan maaf wimar

Belum jelas apakah Wimar akan meminta maaf langsung kepada organisasi-organisasi yang ada dalam gambar tersebut atau cukup di twitter saja. Semoga tindakan sembrono seperti ini tak terulang lagi.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post