Sungguh Kasihan.. Tiga Bersaudara Ini Putus Sekolah, Tak Punya Biaya, Dan Ditinggal Ibu Merantau ke Jakarta

Yuk Share di Facebook
Sumber gambar: rri.co.id

Lena Safitri (13 tahun) terpaksa harus drop out dari sekolahnya setelah ditinggal ibunya merantau ke Jakarta. Sudah setahun ibunya pergi ke Jakarta, namun ia tidak pernah lagi menerima kabar lagi dari ibunya. Tidak hanya Lena yang terpaksa harus putus sekolah, 2 adiknya pun ikut putus sekolah karena tidak memiliki biaya. Sedangkan adiknya yang masih bungsu, Daniel Romadon (5 tahun), masih belum sekolah.

Mereka tinggal di Desa Karangklesem, Kecapatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas yang saat ini Pemerintah Kabupaten tersebut tengah sibuk menggelar kegiatan-kegiatan untuk memeriahkan hari jadinya yang ke-432.



Sebenarnya Lena dan adik-adiknya masih tingga bersama ayahnya, Darsikin. Darsikim adalah buruh di peternakan ayam. Upahnya hanya cukup untuk bertahan hidup sehari-hari, itupun masih harus dibantu oleh anaknya yang paling sulung, Kristanto (15 tahun). Kristanto ikut bekerja di tempat yang sama.

Karena harus mengurus rumah dan adik-adiknya, Lena kini berperan menjadi 'ibu' dengan melakukan berbagai pekerjaan domestik seperti memasa, memandikan adiknya, menyapu rumah, dan lain-lain. Mereka ber-enam kini tinggal di rumah semi permanen yang sempit.

Lena putus sekolah sejak kelas 5 SD. Dalam penuturannya, Lena dan kedua adiknya tidak mampu membeli perlengkapan sekolah seperti sepatu, tas, dan seragam, walaupun SPP sebenarnya sudah gratis. Ia menuturkan bahwa ia dan kedua adiknya sebenarnya masih ingin bersekolah agar bisa pintar. Lena bercita-cita ingin jadi guru.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post