9 Hal Sederhana Yang Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagia Hari Ini

Suka Artikel Ini? Yuk Share di Facebook
Banyak Psikolog yang percaya bahwa kebahagiaan sebenarnya sebuah keadaan yang dapat dibentuk oleh diri kita sendiri. Ada banyak jalan yang bisa kamu lakukkan sendiri untuk membuat kamu lebih bahagia. Tapi bila kamu benar-benar ingin senantiasa merasakan kebahagiaan setiap harinya, kamu harus benar-benar bisa melatih diri secara berkala.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu lakukan sehari-hari dan bikin kamu jadi punya mood yang bagus dengan cepat (dan mudah). Yuk simak!


Cara #1: Senyumlah

Ketika kita senyum, otot wajah kita mengirimkan sinyal ke otak yang dapat membuat mood kamu jadi lebih positif. Hal ini diutarakan seorang Psikolog Barbara Holstein, edD. Mungkin tedengar agak klise, tapi Holstein mendorong orang untuk duduk beberapa menit dan tersenyum. Atau bisa juga tersenyum kepada seseorang. Ini membentuk koneksi yang efektif menuju perasaan yang lebih positif.

Cara #2: Rencanakan Sesuatu Yang Menyenangkan

Semua orang memerlukan tujuan. Sesuatu yang harus dia raih. Ketika berpikir tentang sebuah tempat wisata idaman atau sebuah pekerjaan impian yang ingin kamu capai 5 atau 10 tahun ke depan dapat memunculkan mood. Ada sesuatu yang bisa membuat mood anda menjadi lebih terbakar ketika mencantumkan hal-hal seperti itu pada rencana kamu. Kamu juga bisa merencanakan sesuatu yang lebih berjangka pendek seperti makan malam di restoran tertentu atau perjalanan wisata sehari penuh.

Cara  #3: Ekspresikan Rasa Syukur

Banyak studi yang menyebutkan bahwa rasa bersyukur sangat lekat dengan kebahagiaan. Ada saran yang sangat bagus agar kamu bisa mengekspresikan dengan baik rasa syukur tersebut. Coba luangkan waktu untuk mengekspresikan rasa syukur dengan cara menulis surat kepada seseorang (kamu tentunya tidak harus mengirimkan surat ini kepadanya), atau coba dengan menulis jurnal. Kamu bisa mengekspresikan rasa syukur tentang apapun dengan apa yang kamu miliki sekarang.


Cara #4: Berbuat Baik Pada Seseorang

Lakukan hal yang kecil dan sedehana, seperti mempersilahkan seseorang untuk berjalan lebih dulu ketika bersamaan keluar dari lift atau keluar-masuk ruangan. Kamu juga bisa menelpon bibi kamu yang sudah beranjak tua yang sepertinya dia akan merasa senang mendapatkan telepon darimu. Mengekspresikan kebaikan akan meningkatkan kualitas diri kita karena hal itu sangat konkrit. Perlu ide lain? Fokus kepada seseorang - sahabat dekat, adik/kakak, atau orang tua - selama satu minggu dan pikirkanlah apa yang bisa kamu lakukan agar mereka lebih bahagia.

Cara #5: Jalan Kaki

"Ketika kamu jalan kaki, reaksi kimia akan bekerja dalam otak yang dapat membuatmu bahagia", itu kata Nancy Mramor, Ph.D., seorang Psikolog. Kamu bisa melakukan jalan kaki di alam terbuka atau taman. Jalan kaki seperti ini bisa meningkatkan mood kamu.

Cara #6: Makan Makanan Sehat

Coklat hitam adalah salah satu cemilan yang disarankan untuk meningkatkan mood. Makanlah cemilan dengan protein, karbohidrat, dan lemak yang dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Kamu bisa menyantap apel dengan beberapa keju cheddar, taburkan alpukat pada roti bakar, atau taburkan buah-buahan pada yogurt.

Cara #7: Bayangkan Jika Anda Akan Pindah Tempat Tinggal

Pada sebuah riset yang diakukan Lyubomirsky, ketika orang membayangkan bahwa bulan ini adalah bulan terakhir mereka akan berpindah tempat ke kota kelahirannya. Reaksinya mereka berubah dalam hal aktifitas hariannya. Mereka menjadi lebih dekat dengan teman-teman dan tetangganya. Ada hal yang mendorong kamu untuk melakukan sesuatu yang baik dengan orang-orang disekitar kamu ketika kamu akan merasa jauh dengan mereka.

Cara #8: Kerjakan Sesuatu Yang Berbeda

Menulis, memasak, atau mempelajari sesuatu yang dari dulu ingin kamu pelajari dapat membuat kamu lupa pada waktu dan tempat. Kerjakanlah apapun yang bisa menghindarkan kamu dari hal-hal sedang membuat kamu merasa tidak bahagia. Sepanjang hal tersebut malah tidak membuat masalah lain muncul. Melakukan hal ini dapat memunculkan kebahagiaan. Menggambar, melukis, bermain musik, menari,... Lakukanlah apa yang kamu suka..

Cara #9: Telepon Teman (Teman beneran ya.. Bukan Sekedar Teman di Facebook :D)

Faktor utama yang dapat membawa kamu kepada kebahagiaan adalah kontak sosial. Untuk mendapatkan emosi positif, kamu bisa menghubungi seseorang yang dekat secara sosial. Untuk inspirasi, kamu bisa menelpon teman ketika kamu sedang berjalan kaki atau temui teman untuk satu atau dua jam sore atau malam hari.
Suka Artikel Ini? Yuk Share di Facebook

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post