7 Trik Terbaik Mengatasi Anak Tantrum (Ngamuk)

Yuk Share di Facebook

Kami mengumpulkan trik-trik terbaik dari para ibu (dan ayah!) dalam mengatasi anak yang sedang tantrum (ngamuk). Yuk langsung simak!


TRIK #1: Berikan Pelukan

Trik sederhana ini seringkali ampuh dan efektif mengatasi anak marah. Cukup berikan dia pelukan. Hal itu dapat membuat si anak merasa aman dan mengingatkan pada dirinya bahwa kita sangat menyayangi dia. Biasanya, setelah memberikan pelukan, kita dapat berbincang dengan si anak lebih rasional dan mengatasi hal semula yang menyebabkan dia menjadi marah.

TRIK #2: Istirahatkan

Dudukan dia, peluk, dan simpan tangan Anda di perutnya sambil katakan padanya untuk bernafas dalam-dalam. Biarkan beberapa saat hingga dia sedikit tenang dan Anda bias mulai membuka pembicaraan tentang apa yang telah terjadi.


TRIK #3: Alihkan Perhatian Anda Pada Hal Lain

Abaikan ketika dia turun ke lantai dan mengamuk. Dia biasanya akan berhenti ketika dia tidak mendapatkan perhatian atau apa yang dia inginkan. Ketika dia mulai terlihat frustasi dengan menjerit-jerit atau menendang-nendang, hampiri dia dan minta untuk tenang.

TRIK #4: Tawarkan Alternatif

Ajak dia untuk melakukan hal yang lain yang biasanya dia suka dan membuat dia jadi lebih tenang.  Misalkan ketika dia ngamuk karena selalu kita larang untuk melakukan sesuatu yang dilakukan kakaknya, kita bisa tawarkan misalkan dengan mengajaknya untuk membaca buku favoritnya bersama-sama. Biasanya dengan memberikan dia ide untuk melakukan sesuatu yang lain dapat membantu menghentikan tantrumnya.

TRIK #5: Jangan Selalu Turuti Kemauannya

JIka anak kita pernah beberapa kali merengek meminta dibelikan kue, dan kita selau mematuhi permintaan dia dengan kebiasaan seperti itu, maka Anda perlu untuk menghentikan hal ini. Karena sekali kita tidak bisa memenuhi keinginannya seperti itu, dia akan terbiasa untuk meminta hal apa saja dengan cara merengek dan mengamuk. Anda mungkin perlu memberikan penekanan kepadanya bahwa kita tidak akan memberikan apa yang dia inginkan jika dia memintanya dengan cara merengek atau marah-marah.

Trik #6: Beri Ultimatum

Ketika dia tantrum, ingatkan pada sesuatu yang menyenangkan yang pernah Anda rencanakan dengannya (misalnya jalan-jalan ke taman bermain). Lalu Anda bisa memberitahunya kalau dia berkelakuan merengek-rengek atau ngamuk-ngamuk, maka rencana jalan-jalannya akan dibatalkan. Biasanya cara seperti ini cukup ampuh.

Trik #7: Biarkan Dia Sibuk

Misalkan ketika anda sedang jalan bareng anak di pertokoan, Anda bisa membuatnya sibuk dengan aktifitas-aktifitas tertentu: Ambil itu, liat itu, pegang ini sebentar, warna apa itu, liat ada lobster di akuarium, dan lain-lainnya. Hal ini akan membuat dia sibuk sendiri dan tak punya waktu untuk berkeinginan ketika melihat mainan (misal) yang berpotensi menimbulkan tantrum.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post