Perbedaan Whatsapp dan BBM


Banyaknya pengguna media sosial di Indonesia mengharuskan semua orang secara tidak langsung harus memiliki semua aplikasi tersebut. Hal ini bukan dikarenakan semua media social tersebut akan digunakan semuanya, namun dikarenakan semua orang menggunakan aplikasi yang berbeda. Sebut saja  BBM dan WhatsApp.



BBM merupakan  salah satu aplikasi media social yang sangat populer di mata banyak orang sejak kemunculannya. Hal ini dikarenakan Blackberry digunakan oleh banyak orang dan ini merupakan fitur khusus yang ada pada ponsel merk ini saja. Namun, BBM saat ini bisa diinstal di berbagai merk ponsel pintar dan bisa digunakan oleh khalayak banyak.

Sebelum BBM bisa digunakan oleh banyak orang, aplikasi media social yang bisa digunakan sepert BBM adalah WhatsApp. Ini adalah aplikasi yang bisa digunakan oleh mereka yang menggunakan ponsel pintar dengan sistem operasi Android.

Jika dilihat dari kedua fungsinya yang hampir sama, mungkin ada banyak orang yang tidak mengerti perbedaan BBM dan WhatsApp. Pada BBM, notifikasi huruf D di bagian samping pesan menandakan bahwa pesan sudah dikirim, sedangkan notifikasi huruf R menandakan bahwa pesan sudah dibaca. Pada WahtsApp, notifikasi tanda ceklis satu kali menandakan bahwa pesan sudah dikirm ke server, tanda ceklis dua kali menandakan bahwa pesan sudah diterima. Namun, tanda ceklis dua kali bukan berarti pesan  sudah dibaca.



Kedua aplikasi media social ini juga bisa mengundang nomor lain untuk bergabung ke grup jika diinginkan. Pada pengguna BBM, mengetahui PIN menjadi salah satu keharusan bagi mereka yang akan mengundang seseorang ke sebuah grup. Jika PIN sudah diketahui, dan penggunanya menyetujui ajakan tersebut, maka pengguna tersebut bisa langsung ikut dan melakukan percakapan.



Pada aplikasi WahtsApp, pengguna lain bisa langsung memasukan  nomor yang diinginkan untuk tergabung dalam sebuah grup. Berbeda dengan pengguna BBM, nomor tersebut akan langsung tergabung dalam grup tanpa persetujuan dulu. Selain itu, nomor para pengguna lainnya juga bisa terlihat.

Kedua aplikasi medis sosial ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Para pengguna sendiri yang harus menetapkan aplikasi yang mana yang sesuai dengan kebutuhan [RF].

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post