Pentingnya Menjaga Porsi Makan


Salah satu kebiasaan yang paling sulit dipelihara setiap hari adalah makan dengan ukuran porsi yang tepat. Jika Anda benar-benar khawatir tentang kondisi kesehatan dan berat badan, ingin mengurangi berat sedikit demi sedikit untuk kesehatan dan penampilan, selain meningkatkan pilihan makanan dan minuman Anda, mempertahankan kontrol atas porsi saat makan akan sangat penting pula untuk keberhasilan Anda.



Titik kunci yang harus diingat adalah: makan makanan secara berlebihan, bahkan makanan yang sehat sekalipun, akan menyebabkan kenaikan berat badan. Ini adalah salah satu aspek yang paling sering disalahartikan oleh orang. Ketika mereka memakan makanan sehat seperti ayam panggang, sayuran kukus, beras merah, dan lainnya, mereka makan dengan porsi berlebihan dengan asumsi makanan tersebut tetap berefek positif pada mereka. Sekali lagi, hal ini salah.

Semua hal yang berhubungan dengan diet dan kesehatan kembali bermuara pada kalori. Ambil contoh individu yang setiap hari hanya bisa mengkonsumsi 1.800 kalori untuk menurunkan 1 pon berat badan per minggu. Artinya, segala hal yang diletakkan orang tersebut ke dalam mulutnya, mulai dari bangun pagi sampai saat tidur malam harus berkisar antara 1.800 kalori.


Berikut kami berikan hitungan beberapa sampel makanan sehat tergantung pada kalori yang dikandungnya. Ayam panggang tanpa kulit (4 ons 140 kalori), beras merah (1 cup - 215 kalori), dan sayuran kukus (90 kalori), dan akan berjumlah sekitar 445 kalori dengan asumsi air putih adalah minuman yang dipilih. Jika tiga kali makan porsi seperti ini secara harian, akan memberikan orang ini total 1.290 kalori, menyisakan 510 kalori untuk 2 atau 3 kali makanan ringan di antara waktu makan.

Intinya, batasi diri Anda dari memakan makanan secara berlebihan. Berhentilah makan sebelum kenyang, karena segala sesuatu yang berlebihan memang sifatnya tidak baik. Mudah-mudahan Anda akan dapat mempertahankan ukuran porsi yang tepat dan tidak membiarkan porsi makanan terlupakan dan menumpuk di dalam tubuh Anda dan menjadi sumber dari penyakit suatu hari nantinya.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post