Pengumuman Kelulusan Honorer K2


Diangkat menjadi PNS, itulah harapan yang selalu diimpikan oleh para honorer selama ini. Betapa tidak, mereka  bekerja menjadi honor sudah sejak lama, namun harapan untuk menjadi PNS kian surut saja. Ditambah lagi dengan adanya seleksi penerimaan CPNS untuk jalur umum, dengan berbagai persyaratan yang sangat banyak. Mengingat honorer yang sudah lama bekerja ini berasal dari angkatan lama, maka tidak jarang tingkat pendidikan mereka hanya lulus SMA. Pada CPNS jalur umum, tingkat pendidikan yang harus dimiliki oleh setiap peserta adalah minmal S1.



Meskipun begitu, dengan adanya tes penerimaan CPNS khusus untuk jalur honorer K2, maka peluang untuk diangkat menjadi PNS cukup besar mengingat saingannya hanya sesame honorer. Meskipun begitu, jangan harap tes yang akan dijalani mudah. Tes yang dijalani terbilang sama sulitnya dengan penerimaan CPNS umum, hanya saja perbandingan untuk lulusnya lebih baik.




Harapan para honorer K2 ini tentu saja bisa lulus dan menjadi PNS. Namun, mengingat jumlah honorer K2 sangatlah banyak, maka tidak semua honorer bisa langsung lulus tahun ini juga. Honorer K2 yang tidak lulus bisa mengajukan untuk mengikuti tes kembali di tahun berikutnya. Honorer yang yang tidak lulus bisa menjadi pegawai pemerintah, salah satunya adalah dengan membuat perjanjian kerja.



Keuntungan menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian ini adalah kesejahteraan yang jauh lebih baik dari honorer. Hal ini dikarenakan tidak boleh ada lagi anggaran yang dikeluarkan oleh instansi untuk pegawai honorer. Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK berhak mendapatkan hak yang sama dengan PNS, yakni gaji, tunjangan, pengembangan kompetensi dan cuti. Namun, honorer K2 yang tidak lulus dan ingin menjadi PPPK harus mengajukan diri dan mempersiapkan berbagai prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Jumlah peserta honorer K2 yang lulus sendiri diperkirakan berjumlah sekitar 218 ribu orang dari pendaftar sebanyak 640 ribu orang. Jumlah yang lulus ini memang hanya sepertiganya, dikarenakan ada banyak pertimbangan standar kelulusan yang dibuat. Salah satu penilaian yang membuat seorang honorer K2 bisa lulus adalah masa kerja atau pengalamannya dan kemampuan yang dimilikinya. Ini bisa dilihat dari banyaknya berkas-berkas saat proses pendaftaran sebelumnya.


Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post