Mengenalkan Huruf dan Angka Sejak Dini Pada Anak


Untuk membuat anak Anda terbiasa dengan angka dan huruf sejak usia dini adalah hal yang wajar. Dengan begitu, setelah ia mulai sekolah dia akan merasa yakin dengan kemampuan membaca dan menghitungnya di depan kelas. Anda akan menemukan bahwa selama kegiatan sehari-hari Anda secara terbiasa berbicara,bernyanyi, berhitung dan memperkenalkan huruf dan angka pada balita Anda.



Sangat penting untuk tidak mendorong anak usia 3 atau 4 tahun untuk melakukan hal-hal yang ia rasa tidak siap untuk melakukannya. Jika Anda memberinya anggapan bahwa belajar huruf dan angka adalah sesuatu yang sulit dan serius, maka Anda bisa melihat ia akan kehilangan minatnya untuk belajar sama sekali. Tetapi, jika Anda membuat belajar menjadi sebuah permainan, dan siap untuk berhenti kapan saja ketika anak Anda terlihat bosan, setelahnya, ia harus merasa bahwa seluruh pengalaman belajar tersebut sangat menyenangkan untuknya. Hal ini biasa untuk kehidupan anak-anak pada usia pra-sekolah untuk ‘mengganggu’ ibu mereka untuk 'bermain' dengan angka dan huruf bersama-sama!

Mulailah Sejak Dini

Tidak terlalu dini untuk membuat anak Anda terbiasa dengan anggapan bahwa simbol-simbol khusus mewakili suara-suara atau nilai-nilai tertentu. Anda dapat memulai dengan menunjukkan kepada anak Anda bahwa huruf-huruf tertentu akan membuat suara-suara yang berbeda. Saat ia tengah sarapan, misalnya, Anda dapat menunjukkan padanya huruf-huruf pada paket sereal dan membuat suara yang sesuai. Atau, saat Anda pergi berbelanja, mintalah ia untuk membantu mengambil benda-benda tertentu (misalnya, 2 kotak sereal) dari rak. Jangan khawatir kalau ia tampak tidak memahami apa yang Anda lakukan. Dan, jangan membuat dia merasa tidak enak karena dia tidak terlalu tertarik. Anak-anak mempelajarinya secara bertahap dan melalui pengulangan huruf-huruf yang konstan. Meskipun tampaknya ia tidak mendapatkan apa-apa, sebenarnya ia akan terbiasa dengan alfabet.

Anak-anak suka belajar nama-nama orang. Salah satu kata pertama yang mereka pelajari untuk adalah nama mereka sendiri. Dengan segera mereka akan menjadi sangat tertarik dengan nama-nama saudara-saudara mereka, serta nama orang tua mereka. Perlihatkan anak Anda bagaimana huruf-huruf dari namanya disatukan dan hal ini menjamin bahwa  anak Anda akan tertarik dalam mempelajari huruf. Cobalah  tempatkan namanya di berbagai tempat sebanyak mungkin, misalnya di pintu kamar tidurnya, atau pada cangkir khusus dan buat ia mencantumkan namanya dengan gambar. Untuk memperkenalkan anak Anda cara menulis, buatlah titik-titik huruf dan kata-kata yang sederhana. Seringkali, anak-anak yang lebih tua menjadi terpesona oleh nama tengah dan nama keluarga. Anda mungkin menemukan bahwa mereka sangat teliti saat memperhatikan Anda menuliskan nama lengkap mereka!



Anda juga dapat memvariasikan cara dengan bermain huruf dengan anak Anda. Tempelan magnet di kulkas, yang terdiri dari huruf yang dapat dipindahkan di sekitar pintu, adalah cara yang menyenangkan untuk membuat anak Anda terbiasa alfabet. Beri ia saran untuk mencoba mengeja namanya. Cobalah untuk menggunakan hanya huruf kecil dan mencoba untuk menghindari menggunakan huruf capital sebanyak mungkin.

Ada beberapa program televisi pendidikan yang sangat baik yang ditujukan untuk anak-anak pra-sekolah. Periksa daftar dan sediakan waktu untuk duduk dan menonton program tersebut bersama-sama.

Jika anak Anda tidak dapat mengingat huruf tertentu, cobalah untuk tidak melewatinya dan berikan jawaban yang benar dengan langsung karena dia tidak akan mendapatkan kesempatan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri pada huruf tertentu tersebut. Sebaliknya, ingatkan ia akan bunyi huruf dan biarkan ia membuat sebuah kata yang dimulai dengan huruf tersebut. Kunjungi www.jollylearning.co.uk untuk mengetahui lebih lanjut tentang dasar-dasar membaca dan menulis.

Berhitung

Anda dapat mulai memperkenalkan anak Anda dengan angka-angka. Ketika Anda memberinya makan, Anda bisa memperlihatkan bahwa ia memiliki dua kentang dan banyak sekali kacang polong dalam mangkuknya. Anda dapat mengingatkannya bahwa ia bermain dengan tiga boneka dan bahwa ia telah mendapat satu saudara perempuan.

Jari-jari akan membuat permainan untuk berhitung yang sangat baik. Anda dapat bertanya pada anak Anda berapa banyak jari yang Anda pegang. Ketika dia sudah sedikit besar, Anda dapat memposisikan tangan Anda di belakang punggung dan membuatnya menebak berapa banyak jari yang Anda pegang.

Anak-anak menyukai mempelajari pola, sehingga sebagian besar dari mereka akan beranggapan dengan cepat bahwa 1 diikuti oleh 2, yang diikuti oleh 3 dan seterusnya. Saat usia 4 tahun, Anda seharusnya dapat menghitung angka hingga 10. Jika ia menyebutkan angka yang salah, jangan tertawa padanya atau  mengkritiknya. Dalam situasi ini anak-anak memiliki kebiasaan untuk mengatakan angka pertama yang ada di dalam pikiran mereka!

Sebaliknya, tanyakan padanya apakah dia bisa mengingat angka setelah nomor 3. Jika tidak bisa, maka pegang empat jarinya selama beberapa detik sebelum memberinya jawaban yang tepat. Sekali lagi, memberinya hitungan terlalu cepat akan menghalangi kesempatan anak Anda untuk belajar sendiri.

Ketika anak Anda mengetahui angka hingga 10, Anda dapat mulai untuk bermain permainan menghitung. Tanyakan padanya berapa banyak kursi yang ada di ruangan. Suruh ia memberitahu Anda berapa banyak kentang yang ada di panci. Anda dapat memebuatnya tetap terhibur saat di dalam mobil dengan menanyakannnya berapa banyak mobil merah yang dapat ialihat.

Proses ini haruslah menyenangkan bagi Anda dan anak Anda. Jika, sejak dini, anak Anda diberikan cara belajar yang menyenangkan, Anda bisa membiarkan ia menikmati perjalanan sambil membaca, menghitung dan belajar pada papan-papan pengumuman atau angka-angka yang ia lihat selama berada di dalam mobil

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post