Sinabung Masih Bahaya, Erupsi akan Berlangsung Sampai Maret


Gunung Sinabung masih berada dalam tahap berbahaya sehingga tidak boleh ada masyarakat yang mendekat dalam radius 5 km, termasuk pihak relawan atau pihak dari pemerintah.
Meskipun Gunung Sinabung tidak termasuk  kedalam kategori bencana alam, namun penanganannya sendiri harus dilakukan dengan benar-benar serius mengingat sudah ada sekitar 15 korban  jiwa hingga saat ini. Selain korban jiwa, ada dua orang yang mengalami luka bakar dan kini sedang mendapatkan perawatan.


Gunung Sinabung berada di Sumatera Utara, Kabupaten Karo, sudah pernah meletus pada  tahun 2010 lalu, tepatnya pada bulan Agustus. Gunung ini baru meletus kembali di tahun 2010 setelah sekitar 1,2 abad tidak erupsi. Namun, pada bulan Juni dan September tahun lalu, 2013, gunung ini kembali meletus.

Semburan awan panas yang dihasilkan oleh letusan gunung ini sekitar 100km/ jam. Awan panas ini mempunyai suhu sekitar 700 derajat Celcius yang bisa menghanguskan apa saja yang dilewatinya, termasuk pada korban jiwa. Titik pusat dari awan panas tersebut diperkirakan sekitar 3 kilometer. Maka dari itu, BNPB menegaskan bahwa jarak aman dari letusan gunung ini adalah hingga 5 kilometer.


Awan panas sendiri muncul karena ada aktifitas lava pada perut bumi. Inilah yang dikeluarkan oleh gunung Sinabung dan sangat berbahaya bagi manusia. Para korban jiwa kebanyakan adalah mereka yang berada dalam wilayah penyebaran dari awan panas. Beberapa korban jiwa tersebut adalah mahasiswa, guru honorer, dan wartawan.


Masyarakat desa yang ada di sekitar Kabupaten Karo sendiri sudah dievakuasi ke daerah aman sehingga korban jiwa tidak akan kembali bertambah. Ada sekitar lebih dari seribu kepala keluarga yang diungsikan hingga gunung ini sudah dinyatakan dalam status aman. Namun, gunung Sinabung ternyata masih diperkirakan akan erupsi hingga awal Maret nanti.

Lahan yang disiapkan untuk para pengungsi adalah sebesar 25 hektar mengingat jumlah pengungsi yang sangat banyak. Pemerintah pusat sendiri dikabarkan akan membangun rumah bagi para pengungsi. Desain rumah yang akan dibangun adalah rumah yang tahan gempa dan terdapat fasilitas umum didalamnya untuk masyarakat.

Berikut ini foto-foto bencana meletusnya Gunung Sinabung














Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post