Tahun Baru Imlek 2014: Tahun Kuda


Tahun Baru Imlek adalah sebuah perayaan yang terpenting untuk masyarakat Tionghoa. Di tahun ini, Imlek 2014 jatuh pada tanggal 31 Januari 2014 dan merupakan Tahun Baru Imlek ke 2565. Dalam simbolisasinya, tahun baru ini merupakan tahun Kuda, yang menjadi lambang kekuatan dan semangat tinggi.



Berbeda dengan dahulu, masyarakat yang ingin merayakan Imlek di Indonesia sudah bisa melaksanakannya dengan tenang, karena sudah diakuinya hari Imlek sebagai hari libur. Tempo dulu, tidak terlihat perayaan yang demikian di Indonesia.

Masyarakat umum Indonesia memahami bahwa perayaan Imlek adalah bentuk perayaan tahun baru yang dilakukan oleh warga Tionghoa. Sesungguhnya, makna imlek itu sendiri lebih mendalam daripada hal itu saja. Yang diharapkan pada hari imlek termasuk makanan, keluarga, dan peruntungan yang baik. Menyambut Tahun Baru Imlek 2565, berikut beberapa hal yang bisa dilaksanakan oleh warga keturunan Tionghoa dalam usaha memastikan Tahun Kuda ini merupakan tahun keberuntungan mereka.


Mengubah Peruntungan Hidup

Tahun Baru Imlek merupakan tahun dalam kegiatan memulai sesuai yang baru. Saatnya mulai menghilangkan semua “peruntungan buruk” yang ada di tahun sebelumnya dan menggantinya dengan “peruntungan baru” dengan berbagai macam hal yang bisa mendorong kehidupan lebih teratur. Habiskan hari imlek dengan teman dan keluarga Anda agar bisa melakukan segala sesuatu dengan lebih positif.

Makanan dan pesta paling banyak terjadi pada saat Hari Imlek. Dengan adanya makanan yang bervariasi akan disajikan dalam bentuk simbol baru. Banyak yang percaya mereka sebaiknya makan mie, karena berarti umur yang panjang. Membeli ikan yang utuh, karena kata ikan dalam bahasa Tiongkok artinya adalah “banyak”. Membeli jeruk yang bulat berbentuk kepingan emas, dengan harapan penghasilan akan bertambah, dan banyak hal lain yang dianggap simbolis dan akan menguntungkan.



Setelah saling berkunjung ke keluarga, Hari Imlek juga dapat menjadi perayaan kemasyaratan. Beberapa negara melaksanakannya dengan banyak pasar kaget yang muncul untuk memeriahkan suasana, dengan berbagai makanan pula yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Dan yang lebih spesial, di banyak tempat akan ada pertunjukan barongsai, yang selalu dipertunjukkan di Hari Imlek, karena barongsai ini disebut-sebut dapat mengusir peruntungan buruk karena bunyi drum yang bertalu-talu ditambah suara simbal dan kembang api menggelegar yang menggelegar, sehingga setan dan segala yang buruk akan menjauh.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post